Pengembangan E- Modul Dengan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Self Regulated Learning Siswa Kelas XI MPLB SMKN 2 Blitar ( Studi Pada Siswa Kelas XI Elemen Pengelolaan Keuangan Sederhana Program Keahlian MLPB SMKN 2 Blitar ) - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan E- Modul Dengan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Self Regulated Learning Siswa Kelas XI MPLB SMKN 2 Blitar ( Studi Pada Siswa Kelas XI Elemen Pengelolaan Keuangan Sederhana Program Keahlian MLPB SMKN 2 Blitar )

Budiarti, Lutfina Fajrin (2023) Pengembangan E- Modul Dengan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Self Regulated Learning Siswa Kelas XI MPLB SMKN 2 Blitar ( Studi Pada Siswa Kelas XI Elemen Pengelolaan Keuangan Sederhana Program Keahlian MLPB SMKN 2 Blitar ). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi semakin pesat memiliki yang dampak yang cukup besar bagi pendidikan. Guru dituntut untuk membuat pembelajaran yang lebih menarik untuk mendorong kemandirian belajar serta meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul dengan aplikasi Canva, mengetahui kelayakan, serta mengetahui perbedaan hasil belajar dan self regulated learning siswa. Penelitian ini merupakan peelitian RnD menggunakan model Borg and Gall. Data penelitian yang dihasilkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik analisis menggunakan uji normalitas dan uji independent sample t- test. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa e-modul dengan aplikasi Canva yang telah dinyatakan layak oleh ahli materi, ahli e-modul, dan kelompok kecil. E- modul dengan aplikasi Canva dapat diakses secara online yang dilengkapi dengan gambar, video dan forum diskusi untuk memudahkan siswa dalam berdiskusi sehingga dapat melaith siswa berpikir kritis. Hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar menunjukkan bahwa e- modul mampu untuk meningkatkan hasil belajar dan self regulated learning siswa. Dapat dilihat dari perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas ekspreminen dengan selisih 14,8 (kognitif), 21,8 (psikomotorik). Sedangkan selisih self regulated learning siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 28,8%. Peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan e- modul yang lebih interaktif serta dapat diakses secara offline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:29
Last Modified: 11 Oct 2023 01:01
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/287438

Actions (login required)

View Item View Item