Diferensiasi motivasi belajar antara mahasiswa kelas reguler jalur PMDK dengan SNMPTN dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar (Studi pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2008 dan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) - Repositori Universitas Negeri Malang

Diferensiasi motivasi belajar antara mahasiswa kelas reguler jalur PMDK dengan SNMPTN dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar (Studi pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2008 dan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)

Motiek, Dewi (2011) Diferensiasi motivasi belajar antara mahasiswa kelas reguler jalur PMDK dengan SNMPTN dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar (Studi pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2008 dan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Motivasi Belajar Prestasi Belajar Mahasiswa Jalur PMDK Mahasiswa Jalur SNMPTN Motivasi belajar adalah kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). Prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan yang telah dicapai oleh individu mahasiswa dalam situasi belajar yang menunjukkan tingkat penguasaan kemampuan baik dari aspek pengetahuan keterampilan dan sikap yang dapat dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern mahasiswa yang dinyatakan dalam simbol angka huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap mahasiswa dalam periode tertentu. Motivasi belajar sebagai salah satu faktor terpenting dalam diri mahasiswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Oleh sebab itu pada penelitian ini penulis akan membedakan antara mahasiswa jalur PMDK dengan mahasiswa jalur SNMPTN dari aspek motivasi belajar dan prestasi belajarnya. Berdasarkan rumusan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan diferensisasi motivasi belajar (2) untuk menjabarkan diferensiasi prestasi belajar mahasiswa kelas reguler Jalur PMDK dengan SNMPTN Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2008 dan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas reguler Jalur PMDK dengan SNMPTN Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2008 dan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sebanyak 78 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi sedangkan pengolahan datanya menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial. Dari pengolahan data secara deskriptif diperoleh hasil (a) motivasi intrinsik mahasiswa kelas reguler Jalur PMDK dengan SNMPTN Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran FE-UM Angkatan 2008 dan 2009 termasuk tinggi. Hal ini dibuktikan dari 78 responden sebanyak 22 responden (28 2%) mempunyai motivasi belajar intrinsik yang sangat tinggi 34 responden (43 6%) mempunyai motivasi belajar intrinsik tinggi 22 responden (28 2%) mempunyai motivasi belajar intrinsik yang cukup tinggi dan tidak ada responden yang mempunyai motivasi belajar intrinsik yang rendah (b) motivasi ekstrinsik ii mahasiswa kelas reguler Jalur PMDK dengan SNMPTN Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran FE-UM Angkatan 2008 dan 2009 termasuk tinggi. Hal ini dibuktikan dari 78 responden sebanyak 20 responden mempunyai motivasi belajar ekstrinsik yang sangat tinggi 39 responden (50%) mempunyai motivasi ekstrinsik tinggi 19 responden mempunyai motivasi belajar ekstrinsik yang cukup tinggi dan tidak ada responden yang mempunyai motivasi belajar ekstrinsik yang rendah. (c) prestasi belajar mahasiswa kelas reguler Jalur PMDK dengan SNMPTN Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran FEUM Angkatan 2008 dan 2009 termasuk dalam kategori baik. Dari pengolahan data dengan statistik inferensial diperoleh hasil (a) tidak ada diferensiasi motivasi belajar (intrinsik dan ekstrinsik) mahasiswa kelas reguler Jalur PMDK dengan SNMPTN Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran FE-UM Angkatan 2008 dan 2009. Hal ini berdasarkan nilai signifikansi pada olah data multivariate anova adalah Sig. (0.059) 0.05. Sehingga Ho ditolak (b) tidak ada diferensiasi prestasi belajar mahasiswa kelas reguler Jalur PMDK dengan SNMPTN Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran FE-UM Angkatan 2008 dan 2009. Hal ini berdasarkan hasil olah data analisis varians yang menunjukkan berturut-turut nilai signifikansi adalah Sig (0.838) 0.05 dan Sig (0 807) 0.05 yang berarti tidak ada tidak variasi nilai prestasi belajar akibat pengaruh variabel motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Dari hasil penelitian ini dikemukakan saran (1) self-improvitation pada diri mahasiswa itu sendiri agar motivasi belajarnya bisa meningkat dikarenakan motivasi belajar mahasiswa jalur PMDK dan SNMPTN sama-sama tergolong rendah (2) memfokuskan pada motivasi berprestasi mahasiswa baik yang diterima melalui jalur PMDK maupun SNMPTN sebagai kecenderungan umum untuk mengupayakan keberhasilan dan memilih kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada keberhasilan/kegagalan (3) meningkatkan motivasi belajar mahasiswa baik yang diterima melalui jalur PMDK maupun SNMPTN dengan penekanan pada tujuan-tujuan belajar dan pemberdayaan atribusi mahasiswa (4) Nilai rata-rata prestasi belajar mahasiswa kelas reguler jalur SNMPTN masih di bawah prestasi belajar mahasiswa kelas reguler jalur PMDK sehingga perlu difokuskan pada pengembangan cara pembelajaran khususnya bagi mahasiswa jalur SNMPTN (5) Untuk penelitian yang akan datang apabila menggunakan variabel yang sama dalam penelitiannya disarankan agar mengambil jumlah sampel yang lebih besar dan menambahkan variabel kecepatan / lama studi yang dijadikan dasar menentukan peringkat kelulusan. Sehingga hasil penelitian bisa lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28743

Actions (login required)

View Item View Item