Implementasi model pembelajaran problem based learning dengan media video berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa / Regina Aurelia - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran problem based learning dengan media video berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa / Regina Aurelia

Aurelia, Regina Aurelia (2023) Implementasi model pembelajaran problem based learning dengan media video berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa / Regina Aurelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kondisi siswa yang jarang berdiskusi atau menganalisis sebuah permasalahan mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar saat diberikan soal high order thinking skill. Untuk memperbaiki keadaan tersebut maka dilakukan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model problem based learning dengan media video berbasis Canva meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa serta mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang diperoleh pada mata pelajaran Dasar-dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh melalui beberapa metode di antaranya adalah melalui observasi wawancara dengan guru pre-test post-test pengumpulan dokumen serta pencatatan yang dilakukan di lapangan. Proses analisis data meliputi tindakan mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran problem based learning ini menerapkan soal-soal berbasis masalah dan pembelajaran yang dilakukan berpusat pada siswa. Peneliti dibantu oleh 4 orang observer yang mengamati jalannya proses pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa diukur dengan indikator masing-masing soal dan lembar observasi. Berdasarkan hasil tersebut dibuktikan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklusmetode pembelajaran yang dilakukan telah sesuai dengan sintaks problem based learning dan secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar siswa di siklus II setelah dilakukan penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media video berbasis Canva.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/287424

Actions (login required)

View Item View Item