Kolaborasi model numbered heads together (NHT) dengan two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran memberikan pelayanan pada pelanggan (Studi pada siswa kelas X APK 3 SMK Widya Dharma Turen) / Lia Anggraini Mulyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Kolaborasi model numbered heads together (NHT) dengan two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran memberikan pelayanan pada pelanggan (Studi pada siswa kelas X APK 3 SMK Widya Dharma Turen) / Lia Anggraini Mulyono

Mulyono, Lia Anggraini (2011) Kolaborasi model numbered heads together (NHT) dengan two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran memberikan pelayanan pada pelanggan (Studi pada siswa kelas X APK 3 SMK Widya Dharma Turen) / Lia Anggraini Mulyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Numbered Heads Together Two Stay Two Stray Aktivitas Hasil Belajar. Implementasi kolaborasi model Numbered Heads Together (NHT) dengan Two Stay Two Stray (TSTS) merupakan penerapan kolaborasi tahapan model Numbered Heads Together (NHT) dengan Two Stay Two Stray (TSTS) yang dilaksanakan dalam satu pertemuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitan ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X APK 3 SMK Widya Dharma Turen. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes Angket Observasi dan Wawancara. Penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X APK 3 SMK Widya Dharma Turen. Adapun peningkatan nilai rata-rata tiap kelompok dari pra tindakan ke siklus I adalah sebagai berikut kelompok I sebesar 21% kelompok II sebesar 17% kelompok III sebesar 31% kelompok IV sebesar 35 % kelompok V sebesar 42% kelompok VI sebesar 29% kelompok VII sebesar 40% sedangkan kelompok VIII adalah sebesar 21%. Sedangkan peningkatan nilai rata-rata tiap kelompok pada siklus I ke siklus II adalah sebagai berikut kelompok I sebesar 8% kelompok II sebesar 15% kelompok III sebesar 12% kelompok IV sebesar 6% kelompok V sebesar 6% kelompok VI sebesar 6% kelompok VII tidak mengalami peningkatan sedangkan kelompok VIII adalah sebesar 6%. Selain aktivitas penelitian ini juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK 3 SMK Widya Dharma Turen baik hasil belajar ranah kognitif maupun hasil belajar ranah afektif. Nilai rata-rata kognitif pada pra tindakan adalah 49 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 75 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 84. Ketuntasan klasikal ranah kognitif juga mengalami peningkatan. Pada pra tindakan sebesar 12% atau hanya 4 siswa yang dinyatakan tuntas siklus I meningkat menjadi 68% atau 23 siswa sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88% atau 30 siswa. Untuk ketuntasan klasikal pada ranah afektif juga mengalami peningkatan pada tiap siklus. Untuk pra tindakan ketuntasan klasikal hasil belajar ranah afektif siswa sebesar 59% atau 20 siswa telah dinyatakan tuntas siklus I sebesar 82% atau 28 siswa dan siklus II sebesar 94% atau 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang diberikan oleh peneliti yaitu (1) Guru Memberikan Pelayanan Pada Pelanggan sebaiknya mulai mencari inovasi cara mengajar. Inovasi dilakukan agar kegiatan belajar mengajar tidak membosankan salah satu cara berinovasi adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif alternatif jenis model pembelajaran kooperatif tersebut antara lain model Numbered Heads Together dan Two Stay Two Stray (2) Siswa seharusnya membekali diri terlebih dahulu dengan belajar di rumah sebelum mengikuti kegiatan belajar disekolah agar ketika di sekolah siswa dapat dengan mudah mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru selain itu siswa harus lebih pandai bersosialisasi dengan teman yang lain agar dapat bekerja sama dengan maksimal ketika kegiatan diskusi berlangsung (3) Peneliti Selanjutnya agar melakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran kooperatif kolaborasi model Numbered Heads Together dan Two Stay Two Stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran Memberikan Pelayanan Pada Pelanggan atau pada mata pelajaran yang lain serta lebih menyempurnakannya jika memang dianggap perlu ada penyempurnaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28742

Actions (login required)

View Item View Item