Penerapan pembelajaran kooperratif model TGT (Team Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi memberikan pelayanan pada pelanggan (studi pada siswa kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen) / Nova Indrianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperratif model TGT (Team Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi memberikan pelayanan pada pelanggan (studi pada siswa kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen) / Nova Indrianti

Indrianti, Nova (2011) Penerapan pembelajaran kooperratif model TGT (Team Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi memberikan pelayanan pada pelanggan (studi pada siswa kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen) / Nova Indrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci TGT (Teams Games Tournament) Motivasi dan Hasil Belajar Berdasarkan hasil pengamatan awal dan wawancara guru menunjukkan bahwa guru standar kompetensi memberikan pelayanan pada pelanggan sering menggunakan metode ceramah dan diskusi saja pada saat kegiatan pembelajaran. Siswa terlihat kurang termotivasi dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa sebagian besar cenderung di bawah SKM (Standar Kelulusan Minimum) sehingga perlu dilakukan remedial beberapa kali agar semua siswa tuntas atau mencapai SKM. Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament). Untuk mencapai tujuan tersebut maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dokumentasi angket catatan lapangan dan pedoman wawancara. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen pada standar kompetensi memberikan pelayanan kepada pelanggan yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada penelitian ini tindakan yang dilakukan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) pada standar kompetensi memberikan pelayanan pada pelanggan adalah 1) peneliti memperkenalkan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) kepada siswa melalui penjelasan secara rinci 2) peneliti melaksanakan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) yaitu penyajian kelas kerja kelompok game turnamen penghargaan kelompok dan diakhiri dengan pemberian post test 3) penilaian motivasi belajar dinilai dengan menggunakan lembar observasi sedangkan hasil belajar untuk aspek kognitif diperoleh dari nilai post test aspek afektif dan psikomotorik dinilai menggunakan rubrik penilaian aspek afektif dan psikomotorik. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan baik dari aspek minat perhatian dan ketekunan dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT. Persentase keberhasilan motivasi siswa dari aspek minat mencapai 90%. Untuk aspek perhatian sebesar 89% dan aspek ketekunan sebesar 87%. Data hasil belajar diperoleh berdasarkan 3 aspek yaitu aspek kognitif aspek afektif dan aspek psikomotorik. Data hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 76 15 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 86 59. Aspek afektif pada siklus I nilai rata-rata siswa mempunyai kelakuan baik kerajinan baik dan ketrampilan kurang dan pada siklus II adalah nilai rata-rata siswa mempunyai kelakuan baik kerajinan baik dan ketrampilan baik. Aspek psikomotorik pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 80 15 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 88. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) bagi siswa yaitu pada waktu dilaksanakannya pembelajaran harus memperhatikan penjelasan guru sehingga siswa dapat lebih memahami akan materi pelajaran sebelum mereka belajar kelompok 2) bagi guru standar kompetensi memberikan pelayanan pada pelanggan model TGT dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa karena siswa memberikan respon positif dan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak monoton 3) bagi penelitian selanjutnya adalah dapat melakukan penelitian tentang TGT (Teams Games Tournament) pada standar kompetensi yang sesuai di tempat yang berbeda. Selain itu juga dapat mengembangkan lebih lanjut mengenai model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28741

Actions (login required)

View Item View Item