Penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat kerjasama dengan kolega dan pelanggan kelas X APK pada SMK PGRI 6 Malang / Robbi Oktadiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat kerjasama dengan kolega dan pelanggan kelas X APK pada SMK PGRI 6 Malang / Robbi Oktadiansyah

Oktadiansyah, Robbi (2011) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat kerjasama dengan kolega dan pelanggan kelas X APK pada SMK PGRI 6 Malang / Robbi Oktadiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran Group Investigation Hasil Belajar Penerapan pembelajaran yang bersifat konvensional di sekolah dengan menggunakan metode ceramah masih banyak diterapkan dalam proses belajar mengajar. Proses pembelajaran yang seperti ini lebih banyak didominisasi oleh guru dan jarang melibatkan siswa sehingga mengakibatkan siswa cenderung pasif selama proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran ini kegiatan siswa lebih banyak duduk diam mendengarkan mencatat dan mengerjakan soal sehingga siswa terkesan malas dan jarang berpikir aktif. Kegiatan pembelajaran merupakan salah satu cara guru dalam memberikan ilmu pada siswa secara aktif untuk perlu mendapat perhatian khusus. Salah satu pendekatan pembelajaran yang memperhatikan hal tersebut adalah pembelajaran model Group Investigation (GI). Penerapan pembelajaran ini dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk terlibat secara langsung dan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan pembelajaran model Group Investigation (GI) pada mata diklat Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dilaksanakan pada bulan November sampai Desember. Dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tindakan tahap pelaksanaan tindakan tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subyek yang diteliti adalah kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang dengan sebanyak 43 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber langsung pada subyek yang diteliti. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi wawancara catatan lapangan rubrik penilaian tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa penerapan pembelajaran model Group Investigation dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Analisis hasil belajar menunjukkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada hasil nilai pre test dan post test siklus 1 nilai rata-rata pre test dan post test meningkat dari 52 32 menjadi 81 4 sebesar 55 6%. Sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata pre test dan post test meningkat dari 67 2 menjadi 86 74 dengan persentase kenaikan 29 1%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun saran yang dapat diajukan yaitu 1) Bagi sekolah diharapkan dapat mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Salah satunya adalah strategi kooperatif model Group Investigation pada mata pelajaran kerjasama dengan kolega dan pelanggan 2) Bagi guru Dapat menerapkan Pembelajaran model Group Investigation sebagai alternatif model pembelajaran yang tepat. Terutama pada mata pelajaran Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan 3) Bagi peserta didik diharapkan siswa dapat bekerjasama yang baik antar sesama teman membantu dalam penyempurnaan ingatan siswa dapat membantu siswa belajar dengan efisien 4) Bagi peneliti berikutnya dapat dilakukan dengan menggunakan kompetensi dan subyek penelitian yang berbeda. Selain itu peneliti selanjutnya juga dapat menerapkan metode pembelajaran bervariasi yang menarik lainnya yang dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar mereka

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28739

Actions (login required)

View Item View Item