Penerapan model pembelajaran numbered heads together dan talking stick untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan harga diri siswa (Siswa pada siswa kelas XII.APK-1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen mata pelajaran kearsipan) / Wiwin Indriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran numbered heads together dan talking stick untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan harga diri siswa (Siswa pada siswa kelas XII.APK-1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen mata pelajaran kearsipan) / Wiwin Indriana

Indriana, Wiwin (2011) Penerapan model pembelajaran numbered heads together dan talking stick untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan harga diri siswa (Siswa pada siswa kelas XII.APK-1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen mata pelajaran kearsipan) / Wiwin Indriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Numbered Heads Together Talking Stick Aktivitas Hasil Belajar Harga Diri Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Talking Stick merupakan penerapan model pembelajaran dalam satu siklus tetapi dilaksanakan dalam pertemuan yang berbeda. Pertemuan pertama pada tiap-tiap siklus menerapakan model Numbered Heads Together. Sedangkan pada pertemuan kedua tiap-tiap siklus menerapkan Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi catatan lapangan angket wawancara dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII APk-1 yang berjumlah 40 siswa. Mata pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah mata pelajaran Kearsipan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Numbered Heads Together dan Talking Stick pada mata pelajaran Kearsipan sudah berjalan lancar. Aktivitas siswa dilihat dari elemen saling ketergantungan interaksi tatap muka akuntabilitas individual dan keterampilan menjalin hubungan antar pribadi mengalami peningkatan. (2) Numbered Heads Together dan Talking Stick efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Rata-rata hasil belajar dari nilai test mengalami peningkatan dari 63 57 (pre test siklus I) menjadi 66 83 (pre test siklus II) kemudian dari 73 65 (pre test siklus I) menjadi 83 03 (post test siklus II). (3) Hasil angket harga diri pada siklus pertama diklasifikasikan dalam kategory cukup baik. Sedangkan pada siklus II tergolong dalam kategori baik. Untuk hasil angket harga diri pada siklus I tergolong dalam kategori cukup dihargai dan pada siklus II tergolong kategori dihargai. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar dan harga diri siswa XII APk-1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran Kearsipan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang diberikan oleh peneliti yaitu (1) Bagi guru mata pelajaran Kearsipan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran yang disesuaikan dengan pokok bahasan (2) Bagi peneliti lain diharapkan bisa menggunakan model pembelajaran yang lain tetapi pada mata pelajaran yang sama (3) Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan kreativitas untuk berfikir serta lebih berani untuk menyampaikan pendapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28738

Actions (login required)

View Item View Item