Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat melakukan prosedur administrasi kelas X APK 4 SMK Negeri 2 Pacitan / Lissa Marwina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat melakukan prosedur administrasi kelas X APK 4 SMK Negeri 2 Pacitan / Lissa Marwina

Marwina, Lissa (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat melakukan prosedur administrasi kelas X APK 4 SMK Negeri 2 Pacitan / Lissa Marwina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif group investigation hasil belajar Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan di SMKN 2 Pacitan diproleh informasi bahwa pembelajaran pada mata diklat Melakukan Prosedur Administrasi masih didominasi oleh metode ceramah sehingga hasil belajar belum maksimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran Group Investigation untuk mengembangkan ketrampilan berpikir kritis aktif dalam pembelajaran bertanggung jawab meningkatkan pemahaman dan kepuasan siswa terhadap materi pembelajaran. Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation dilaksanakan dalam dua siklus selama empat pertemuan. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi tes dokumentasi wawancara angket dan catatan lapangan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMKN 2 Pacitan dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X APk 4 yang berjumlah 33 siswa. Mata diklat yang digunakan dalam penelitian ini adalah mata diklat Melakukan Prosedur Administrasi. Untuk mengetahui kegiatan siswa selama proses pembelajaran maka dilakukan observasi dengan menggunakan instrumen lembar aktivitas. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar maka digunakan pre test dan post test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata pre test pada siklus I sebesar 6% sedangkan nilai rata-rata post test siklus I sebesar 60%. Hal ini mengalami kenaikan sebesar 54%. Demikian juga pada siklus II nilai rata-rata pre test siklus sebesar 90% sedangkan nilai rata-rata post test siklus II sebesar 100%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil post test siklus II mengalami peningkatan sebesar 10% dari post test siklus I. (2) Tanggapan yang diberikan siswa terhadap pembelajaran kooperatif model Group Investigation sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya sikap siswa yang merasa senang dengan pembelajaran ini karena menuntut siswa untuk aktif sehingga kegiatan pembelajaran tidak monoton. (3) Tanggapan yang diberikan guru terhadap pembelajaran kooperatif model Group Investigation adalah model pembelajaran kooperatif memang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Namun guru masih berpikir bahwa model pembelajaran kooperatif tidak harus diterapkan dalam proses belajar mengajar karena siswa masih perlu beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Jika penerapan ingin berhasil masih diperlukan pembiasaan bagi siswa. Semua guru sebaiknya menerapkan beragam model pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang diberikan oleh peneliti yaitu (1) Bagi guru model pembelajaran kooperatif selayaknya lebih diterapkan untuk berbagai mata diklat. Khususnya pembelajaran kooperatif model Group Investigation dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran di kelas untuk meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. (2) Bagi siswa perlu memahami setiap tata cara saat mengikuti pembelajaran kooperatif model Group Investigation agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan meningkatkan keberanian dalam mengajukan pertanyaan maupun berargumentasi guna lebih memahami terhadap materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28737

Actions (login required)

View Item View Item