Implementasi pembelajaran kontekstual strategi pembelajaran inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (studi pada siswa kelas X APK di SMK Muhammadiyah 02 Malang) / Suprapti Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kontekstual strategi pembelajaran inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (studi pada siswa kelas X APK di SMK Muhammadiyah 02 Malang) / Suprapti Ningsih

Ningsih, Suprapti (2011) Implementasi pembelajaran kontekstual strategi pembelajaran inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (studi pada siswa kelas X APK di SMK Muhammadiyah 02 Malang) / Suprapti Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kontekstual strategi pembelajaran inquiry hasil belajar siswa Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh tingkat pendidikan. Peran pendidikan yaitu untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Pemilihan strategi dalam penerapan pembelajaran juga sangat menentukan kualitas pembelajaran dalam proses belajar-mengajar di kelas. Oleh karena itu diperlukan pembaharuan dalam pendidikan yaitu yang tidak mengharuskan siswa untuk mengkonstruksikan pengetahuan yang ada pada diri siswa sendiri. Dengan pembelajaran Kontekstual siswa bukan hanya mengetahui apa yang dipelajari tetapi siswa juga akan mengalami apa yang dipelajari sehingga belajar siswa lebih bermakna. Dalam strategi belajar ini siswa dituntut untuk lebih belajar mandiri dan guru hanya sebagai fasilitator. Strategi Pembelajaran Inquiry merupakan bagian atau komponen inti dari pelaksanaan pendekatan pembelajaran kontekstual. Dalam strategi ini siswa belajar menemukan sesuatu dan mengetahui bagaimana cara memecahkan masalah dengan cara atau melalui pertanyaan baik kepada guru maupun kepada sesama teman. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi dan observasi di kelas X APK SMK Muhammadiyah 02 Malang diketahui bahwa siswa cenderung pasif dalam mengikuti mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi. Selain itu interaksi belajar siswa kurang serta siswa tidak dapat belajar mandiri yaitu dalam proses belajar-mengajar siswa hanya mencatat dan hanya sebagian kecil siswa yang berani bertanya atau menjawab pertanyaan. Hal tersebut merupakan merupakan factor yang menyebabkan guru mata pelajaran masih menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Kontekstual Strategi Pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi siswa kelas X jurusan APK SMK Muhammadiyah 02 Malang. Dari hasil analisis data dan refleksi dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Kontekstual Strategi Pembelajaran Inquiry yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai post test pada sebelum pelaksanaan pembelajaran Kontekstual pada Siklus I diperoleh rata-rata nilai 78 43 dan Siklus II diperoleh nilai rata-rata 85 77. Disamping itu indikator lain adalah siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar dan dalam menjawab pertanyaan memberikan tanggapan serta sanggahan. Dengan demikian hasil yang diperoleh sesuai dengan hipotesis tindakan yang diajukan yaitu benar bahwa pembelajaran Kontekstual Strategi Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 02 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28736

Actions (login required)

View Item View Item