Penerapan metode pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian APK di SMK Ardjuna 01 Malang) / Reny Solviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian APK di SMK Ardjuna 01 Malang) / Reny Solviana

Solviana, Reny (2011) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian APK di SMK Ardjuna 01 Malang) / Reny Solviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together hasil belajar PTK. Pendidikan mempunyai peran penting untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa dan Negara dengan memciptakan kehidupan yang cerdas terbuka dan demokratis. Hal ini didasarkan pendidikan dijadikan sebagai salah satu tolak ukur kesejahteraan manusia. Salah satu penyempurnaan kurikulum yang dilakukan oleh pemerintah yaitu kurikulum 2004 atau kurikulum berbasis kompetensi (KBK) menjadi kurikulum tingkat satuan pendidikan atau lebih dikenal dengan KTSP. KTSP yang merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2004 (KBK) adalah kurikulum opdrasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bekerjasama Dengan Kolega Dan Pelangggan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together yang dalam penerapannya membantu siswa untuk memahami materi dan memberikan kesempatan kepada siswa utuk memberikan ide atau pendapat selain itu untuk meningkatkan kerjasama kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bekerjasama Dengan Kolega Dan Pelanggan 2) Mengetahui hasil belajar setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model NHT pada mata diklat Bekerjasama Dengan Kolega Dan Pelanggan 3) Mendeskripsikan respon siswa dalam metode pembelajaran kooperatif NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Bekerjasama Dengan Kolega Dan Pelanggan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dua siklus. Setiap siklus mencapai empat tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Mata pelajaran yang digunakan dlam penelitian ini adalah Bekerjasama Dengan Kolega Dan pelanggan. Penelitian dilaksanakan di SMK Ardjuna 01 Malang. Subyek penelitian adalah siswa kelas X APk 1yang berjumlah 28 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui 1) Observasi 2) wawancara 3) tes 4) Catatan Lapangan 5) Angket 6) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembejaran kooperatif model Numbered Heads Together dapat dilaksanakan dengan baik dengan respon siswa terhadap pembelajaran ini juga sangat kuat. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan setelah diterapakan metode pembejaran kooperatif model Numbered Heads Together mengalami peningkatan penilaian tersebut dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek kognitif dan aspek afektif. Data hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan untuk aspek kognitif dan aspek afektif. Untuk aspek kognitif nilai rata-rata pre test yaitu 58 21. pada siklus I sedangkan pada nilai rata-rata post test menjadi 81 42 pada siklus II. Untuk ketuntasan belajar secara klasikal aspek kogintif 14 29% pada siklus I menjadi 82 15% pada siklus II. Nilai rata-rata afektif mengalami peningkatan pada siklus I 71 78 dan 92 64 pada siklus II dan ketuntasan belajar secara klasikal pada aspk afektif 64 28% pada siklus I meningkat menjadi 96 42% pada siklus II. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) Guru hendaknya dapat menciptakan suasana yang kondusif dan menyenangkan karena dapat menumbuhkan keaktifan siswa pada proses belajar mengajar. 2) Metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together dapat dipilih sebagai alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh guru-guru mata diklat yang lain. 3) bagi guru yang akan menerapkan metode pembelajaran Numbered Heads Together harus memperhatikan langkah-langkah pembelajaran dan menentukan waktu yang dibutuhkan. 4) dalam pelaksanaan pembelajaran sangat dibutuhkan informasi yang luas untuk menambah pengetahuan siswa maka guru diharapkan menambah literatur buku serta mencari materi yang akan diajarkan dengan fasilitas internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28734

Actions (login required)

View Item View Item