Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran keamanan keselamatan kesehatan dan lingkungan hidup siswa kelas X-APK SMK PGRI 2 Malang / Danny Ajar Baskoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran keamanan keselamatan kesehatan dan lingkungan hidup siswa kelas X-APK SMK PGRI 2 Malang / Danny Ajar Baskoro

Baskoro, Danny Ajar (2011) Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran keamanan keselamatan kesehatan dan lingkungan hidup siswa kelas X-APK SMK PGRI 2 Malang / Danny Ajar Baskoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Masalah Hasil Belajar. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah lemahnya proses pembelajaran. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan siswa hanya diam duduk dan menerima informasi dari guru. Guru dalam menyampaikan materi pelajaran kurang kreatif dan menarik perhatian siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian membuat siswa tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran serta kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru karena mereka merasa jenuh dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang monoton. Masalah ini pada akhirnya berdampak negatif pada hasil belajar siswa di sekolah. Salah satu strategi yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam proses belajar adalah menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah agar dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir memecahkan masalah dan keterampilan intelektual. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk mengetahui model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar untuk mengetahui apa saja hambatan sekaligus solusi dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah untuk mengetahui respon siswa kelas X Jurusan APK SMK PGRI 2 Malang terhadap proses pembelajaran berbasis masalah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 31 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1)Reduksi data 2)Penyajian data dan 3)Penyimpulan hasil analisis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada siklus I hasil belajar rata-rata siswa adalah 67 5 dan mengalami peningkatan sebesar 7 5 menjadi 75 pada siklus II . Aspek afektif pada siklus I memiliki rata-rata nilai 88 2 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90 5 . Aspek psikomotorik pada siklus I rata-rata skor siswa sebesar 79 dan meningkat sebesar 4 menjadi 83. Selain itu penerapan model pembelajaran berbasis masalah mendapat respon sangat positif sebesar 93% siswa dan 7% siswa memberikan respon positif. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah biasakan untuk menggunakan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan minat belajar siswa biasakan untuk mengadakan diskusi kelompok sediakan modul khusus untuk menunjang proses belajar sesuaikan pelaksanaan siklus belajar dengan RPP bagi siswa SMK belajar yang rajin biasakan berdiskusi dan mengeluarkan pendapat untuk penelitian selanjutnya hendaknya model ini dikembangkan lagi dan tidak hanya dalam pelajaran Keamanan Keselamatan Kesehatan dan Lingkungan Hidup (K3LH) tetapi di mata pelajaran yang lain juga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28733

Actions (login required)

View Item View Item