Agustin, Arindiah Citra Dewi (2011) Penerapan model pembelajaran peta konsep untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (studi pada siswa kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang) / Arindiah Citra Dewi Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Pembelajaran Peta Konsep Hasil Belajar Siswa Penerapan pembelajaran yang bersifat konvensional secara terus menerus masih banyak diterapkan dalam proses belajar mengajar. Proses pembelajaran yang seperti ini lebih banyak didominasi oleh guru dan jarang melibatkan siswa sehingga mengakibatkan siswa cenderung pasif selama proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran ini kegiatan siswa lebih banyak duduk diam mendengarkan mencatat dan mengerjakan soal sehingga siswa terkesan malas dan jarang berpikir aktif. Kegiatan pembelajaran merupakan salah satu cara guru dalam memberikan ilmu pada siswa secara aktif untuk perlu mendapat perhatian khusus. Salah satu pendekatan pembelajaran yang memperhatikan hal tersebut adalah Model Pembelajaran Peta Konsep. Penerapan pembelajaran ini menekankan keaktifan dan kemandirian siswa baik secara fisik maupun mental siswa diberi kesempatan untuk belajar berpikir menghafal menghayati bekerjasama berinteraksi kreatif dan terampil. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep untuk Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi pada siswa kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dengan menggunakan Model Pembelajaran Peta Konsep 3) Untuk mengetahui respon siswa kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang terhadap Model Pembelajaran Peta Konsep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada bulan Oktober sampai bulan November 2010. Dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tindakan tahap pelaksanaan tindakan tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 48 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan tes angket atau kuesioner wawancara observasi dokumentasi skenario pembelajaran dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini adalah 1) Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Analisis hasil belajar menunjukkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif aspek afektif dan aspek psikomotorik siklus I dan siklus II 2) Dalam siklus I nilai rata-rata pre test dan post test siswa kelas X APK meningkat dari 54 27 menjadi 64 27 dengan persentase kenaikan sebesar 18%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pre test dan post test siswa kelas X APK meningkat dari 70 52 menjadi 81 46 dengan persentase kenaikan 16%. Hasil belajar pada aspek afektif menunjukkan peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus I siswa kelas X APK belum mencapai ketuntasan belajar karena hanya 21 siswa (43 75%) yang tuntas belajarnya. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa kelas X APK sudah tercapai karena 42 siswa (87 5%) telah mencapai ketuntasan belajar. Hasil belajar aspek psikomotorik pada siklus I sebanyak 46 siswa (95 83%) sudah mencapai ketuntasan belajar dan pada siklus II sebanyak 42 siswa (87 5%) sudah mencapai ketuntasan belajar 3) Respon siswa kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang terhadap Model Pembelajaran Peta Konsep menunjukkan respon positif dari pernyataan yang diajukan dimana rata-rata respon siswa sebesar 72 22% dan nilai tersebut termasuk dalam kriteria kuat. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep untuk Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi pada siswa kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang menunjukkan bahwa Peta Konsep telah banyak memberikan manfaat pembelajaran yang berbentuk pengingatan serta pemahaman siswa dalam mengoperasikan software spreadsheet menurut kreatifitas siswa 2) Hasil belajar siswa kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dengan menerapkan Model Pembelajaran Peta Konsep hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan dapat mencapai standar kriteria ketuntasan minimal. Hal ini dikarenakan dengan Peta Konsep dapat membantu siswa untuk memahami dan mengingat langkah kerja pada materi mengoperasikan software spreadsheet 3) Respon siswa kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang terhadap Model Pembelajaran Peta Konsep menunjukkan respon positif dan kuat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa 1) Bagi sekolah diharapkan dapat menerapkan Model Pembelajaran Peta Konsep pada Mata Pelajaran yang ada di SMK PGRI 6 Malang selain Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi 2) Bagi siswa dapat lebih meningkatkan keberaniannya untuk mengajukan pertanyaan dan jawaban karena semakin aktif siswa dalam pembelajaran seperti ini semakin baik 3) Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian tentang penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep dengan menggunakan Mata Pelajaran dan subjek penelitian yang berbeda. Selain itu dapat menerapkan Model Pembelajaran bervariasi yang menarik lainnya atau melakukan kolaborasi Model Pembelajaran Peta Konsep dengan Model Pembelajaran lain yang menarik yang dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28731 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |