Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dengan pendekatan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata diklat keamanan, kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup kelas X APK SMK PGRI 2 Malang / Enggar Asriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dengan pendekatan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata diklat keamanan, kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup kelas X APK SMK PGRI 2 Malang / Enggar Asriani

Asriani, Enggar (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dengan pendekatan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata diklat keamanan, kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup kelas X APK SMK PGRI 2 Malang / Enggar Asriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Group Investigation Pembelajaran Problem Based Learning Hasil Belajar. Mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia yang masih rendah berdampak pada rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan. Untuk kepentingan tersebut pemerintah berusaha melakukan perbaikan dalam dunia pendidikan salah satunya dengan mengadakan perubahan dalam bidang kurikulum. Inovasi dalam bidang kurikulum ditandai dengan mulai diterapkannya kurikulum 2004 (KBK) dan kemudian diperbaiki lagi dengan diterapkannya kurikulum 2006 (KTSP). Inti dari perubahan kurikulum ini adalah lebih menekankan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan guru sebagai fasilitator. Peningkatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dapat dilakukan dengan penerapan model pembelajaran yang berfungsi sebagai sarana komunikasi antara guru dan siswanya. Penggunaan model pembelajaran tertentu memungkinkan guru dapat mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation dengan Pendekatan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL). (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL). (3) Untuk mengetahui kendala-kendala dan solusi-solusi dalam pelaksanaan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Problem Baed Learning (PBL). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 33 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan untuk hasil belajar aspek afektif aspek psikomotorik dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakann presentase dan untuk hasil belajar aspek kognitif digunakan rata-rata nilai hasil tes. Sedangkan instrumen yang digunakan lembar penilaian psikomotorik dan afektif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2010 di SMK PGRI 2 Malang Kelas X APK pada pokok bahasan tanda-tanda bahaya ditempat kerja dan cara penanggulangan bahaya ditempat kerja. Penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Model Group Investigation dengan pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan aktif dan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan untuk peningkatan presentase seluruh aspek afektif siswa yang diamati dari 85.82 pada siklus I meningkat menjadi 90.47 pada siklus II. Dengan penerapan pembelajaran group investigation dengan pendakatan pembelajaran berbasis masalah hasil belajar siswa juga meningkat. Hasil belajar siswa yang meningkat terdiri dari hasil belajar aspek kognitif dari rata-rata sebesar 66.67 di siklus I meningkat menjadi 93.93 pada siklus II. Hasil belajar aspek psikomotorik pada siklus I diperoleh 90.45 menjadi meningkat pada siklus II sebesar 97.72. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran group investigation dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK SMK PGRI 2 Malang. Adapun saran yang dapat diberikan pada peneliti selanjutnya adalah (1) Bagi Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Malang perlu menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dengan pendekatan PBL yaitu berupa pengadaan literatur guna mempermudah siswa dalam memperoleh informasi dan memperlancar proses belajar. (2) Bagi guru SMK PGRI 2 Malang diharapkan dapat mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan masing-masing karakteristik mata pelajaran. (3) Bagi siswa agar dapat belajar dengan giat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir kritis berani mengungkapkan pendapat dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. (4) Bagi peneliti berikutnya hendaknya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan pembelajaran Berbasis Masalah bukan hanya pada mata pelajaran Keamanan Keselamatan Kesehatan Kerja dan lingkungan kerja tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28730

Actions (login required)

View Item View Item