Santoso, Satriyo Budi (2010) Penerapan metode pembelajaran kooperatif problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengaplikasikan administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang) / Satriyo Budi Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Problem Based Learning Prestasi Belajar. Keywords Cooperative Learning Problem Based Learning Achievement Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah lemahnya proses pembelajaran. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centered) dan siswa hanya diam duduk dan menerima informasi dari guru. Guru dalam menyampaikan materi pelajaran tidak kreatif dan kurang menarik perhatian siswa untuk berperan aktif di dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian membuat siswa tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran serta kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru karena mereka merasa jenuh dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang monoton. Masalah ini pada akhirnya berdampak negatif pada prestasi belajar siswa di sekolah. Salah satu strategi yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan salah satunya adalah dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) yang dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir memecahkan masalah dan keterampilan intelektual. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah agar motivasi belajar siswa meningkat sehingga dapat pula meningkatkan prestasi belajar siswa. One of problems encountered in our education system is the learning process. Instructions are more likely teacher centered and the students are silent sit and receive information from their teachers. Teachers in presenting the materials are not creative enough and cannot arouse students interest to get involved actively during the learning process. It makes the students unmotivated to take the course and cannot grasp the material presented by the teachers since they get bored of the monotonous instruction. This problems impact negatively to students achievement at school. Strategies that can involve students actively during the learning process can be done by diffrent approaches one of which is by implementing Problem Based Learning model. This model can train students to develop their ability to think solve problems and their intellegency. Thus the researcher uses this model to improve students achievement. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang pada mata pelajaran Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran setelah menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) 3) Mengetahui apa saja hambatan-hambatan sekaligus solusinya dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang 4) Mengetahui respon siswa serta tanggapan guru mata pelajaran Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang terhadap proses pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). The purpose of the study is to 1) describe the implementation of Problem Based Learning model to students of grade XI Apk SMK PGRI 2 Malang in Occupational Apply Office Administration 2) describe students achievement due to the implementation of Problem Based Learning model to students of grade XI Apk SMK PGRI 2 Malang in Occupational Apply Office Administration 3) describe Problem and solution to the implementation of Problem Based Learning model to students of grade XI Apk SMK PGRI 2 Malang in Occupational Apply Office Administration 4) describe students responses to the implementation of Problem Based Learning model to students of grade XI Apk SMK PGRI 2 Malang in Occupational Apply Office Administration. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Apk SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 37 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) Reduksi data 2) Penyajian data dan 3) Penyimpulan hasil analisis. The subjects of the study are students of grade XI Apk SMK PGRI 2 Malang year 2010/2011 with 37 students as the total. This study is conducted by using a qualitative descriptive approach. The type of study used is Classroom Action Reaearch with two cycles. Each cycle contains four steps namely planning implementing observing and reflecting. Data are collected through observation interview test questionnaire field note and documentation. The collected data are then analyzed qualitative descriptively. Data analysis in this study is done in three steps that is 1) data reduction 2) data presenting and 3) concluding analysis results. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran di kelas XI Apk SMK PGRI 2 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil peningkatan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Selain itu penerapan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran di kelas XI Apk SMK PGRI 2 Malang juga mendapat respon sangat positif dari siswa. The results of study show that the implementation of cooperative learning using Problem Based Learning model in Occupational Apply Office Administration to students of grade XI Apk SMK PGRI 2 Malang is able to improve students achievement. It can be seen from students achievement increased in each cycle. Besides the implementation of cooperative learning using Problem Based Learning model in Occupational Apply Office Administration to students of grade X Apk SMK PGRI 2 Malang get very positive responses from the students. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah 1) Bagi guru SMK PGRI 2 Malang khususnya guru mata pelajaran Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran diharapkan dapat mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan masing-masing karakteristik mata pelajaran seperti model Problem Based Learning (PBL) sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa 2) Siswa hendaknya dapat belajar dengan giat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir kritis berani mengungkapkan pendapat meningkatkan motivasi belajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan 3) Bagi peneliti berikutnya agar dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah bukan hanya pada mata pelajaran Mengaplikasikan Administrasi Perkantoran tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan. Misalnya pada mata pelajaran Prinsip-prinsip administrasi perkantoran dan lain-lain. Suggestions recommended relating to the results of the study are 1) For SMK PGRI 2 Malang teachers particularly teachers of Occupational Apply Office Administration should implement an instruction strategy which is suitable and appropriate to each characteristic of the course such as Problem Based Learning model as an alternative to improve students achievement 2) Students should study deligently since the instruction can train them to critically think be brave to deliver their opinion improve their motivation and achievement and 3) For further reseachers they should conduct further study to develop and implement Problem Based Learning model not only to Occupational Apply Office Administration but also to another relevant course.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |