Penerapan pembelajaran kontekstual problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja (Studi pada siswa kelas X APK Negeri 2 Blitar) / Didit Satria - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja (Studi pada siswa kelas X APK Negeri 2 Blitar) / Didit Satria

Satria, Didit (2010) Penerapan pembelajaran kontekstual problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja (Studi pada siswa kelas X APK Negeri 2 Blitar) / Didit Satria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual Problem Based Learning Prestasi Belajar. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah lemahnya proses pembelajaran. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centered) dan siswa hanya diam duduk dan menerima informasi dari guru. Guru dalam menyampaikan materi pelajaran tidak kreatif dan kurang menarik perhatian siswa untuk berperan aktif di dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian membuat siswa tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran serta kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru karena mereka merasa jenuh dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang monoton. Masalah ini pada akhirnya berdampak negatif pada motivasi belajar dan prestasi belajar siswa di sekolah. Salah satu strategi yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan salah satunya adalah dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) yang dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir memecahkan masalah dan keterampilan intelektual. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah agar motivasi belajar siswa meningkat sehingga dapat pula meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) interview (wawancara) catatan lapangan studi dokumenter dan tes. Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Apk SMK Negeri 2 Blitar yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran model PBL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Blitar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata pre tes siklus I mencapai 58 57 dan meningkat menjadi 66 87 pada pos tes. Hasil penelitian pada siklus II rata-rata pre tes mencapai 61 7 dan meningkat menjadi 70 27 pada pos tes. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran model PBL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Mengikuti Prosedur Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah 1) Bagi guru SMK Negeri 2 Blitar khususnya guru mata pelajaran Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja diharapkan dapat mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan masing-masing karakteristik mata pelajaran seperti model Problem Based Learning (PBL) sebagai alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa 2) Siswa hendaknya dapat belajar dengan giat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir kritis berani mengungkapkan pendapat meningkatkan motivasi belajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan 3) Bagi peneliti berikutnya agar dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan 2model Pembelajaran Berbasis Masalah bukan hanya pada mata pelajaran Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28717

Actions (login required)

View Item View Item