Liza, Nur Lia (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (Studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2009/2010) / Nur Lia Liza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran kooperatif model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran kooperatif yang dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam proses belajar adalah Numbered Head Together (NHT). Pembelajaran yang lebih memungkinkan siswa untuk lebih aktif dan bertanggung jawab penuh untuk memahami materi pelajaran baik secara berkelompok maupun individual. Hal ini yang mendorong peneliti untuk memilih pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) di dalam melakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas siswa dapat memaksimalkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran Melakukan Prosedur Administrasi yang mengintegrasikan kuis dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together tidak hanya memperdalam pemahaman peserta didik tapi juga meningkatkan sikap positif terhadap pelajaran rasa saling menghargai saling memliki dan dapat pula mengembangkan keterampilan untuk menghargai orang lain oleh karena itu dengan penerapan pembelajaran Model Numbered Head Together (NHT) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini bagi guru sedikit demi sedikit dapat meningkatkan kompetensinya dalam merancang model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dan tidak membosankan. Bagi siswa lama-kelamaan akan terbiasa terlibat aktif dalam pembelajaran dan tertarik dengan mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi khususnya dan mata pelajaran lain umumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dirancang dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian dikumpulkan melalui 1) observasi 2) tes 3) angket 4) catatan lapangan 5) dokumentasi dan 6)..wawancara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Pada siklus I diketahui bahwa pada rata-rata dari skor tes siswa sebelum tindakan adalah 55 5 dengan skor tertinggi 70 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (skor 8805 70) sebanyak 8 siswa dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 24 24% setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) rata-rata skor siswa meningkat menjadi 69 09 dengan skor tertinggi sebesar 100 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (skor 8805 70) sebanyak 20 siswa dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 60 61%. Ini tentu saja belum memenuhi kriteria kelulusan secara kelompok yaitu lebih dari 80%. Pada siklus II rata-rata dari skor tes siswa sebelum tindakan adalah 76 1 dengan skor tertinggi 100 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (skor 8805 70) sebanyak 19 siswa dengan presentase tingkat ketuntasan belajar sebesar 57 6%. Setelah diterapkan pembelajaran Model Numbered Head Together (NHT) rata-rata skor tes siswa meningkat menjadi 93 33 dengan skor tertinggi sebesar 100 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (skor 8805 70) sebanyak 32 siswa dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 97%. Ini membuktikan bahwa siklus II sudah dapat dikatakan memenuhi kriteria kelulusan secara kelompok. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi dengan menggunakan Pembelajaran Model Numbered Head Together (NHT) mengalami peningkatan. Sehingga model ini perlu untuk diimplementasikan serta dikembangkan bukan hanya pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi akan tetapi juga pada mata pelajaran lain yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |