Penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Delila Cyntya Marcelina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Delila Cyntya Marcelina

Marcelina, Delila Cyntya (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Delila Cyntya Marcelina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marcelina Delila Cyntya. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bekerja Sama Dengan Kolega Dan Pelanggan (Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK PGRI 6 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen. Program Studi Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. I Nyoman Suputra M.Si (2) Imam Buchori S.Pd. Kata Kunci Metode Problem Solving Hasil Belajar Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa factor. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah jenis pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran. Pendekatan yang cenderung menempatkan siswa sebagai penerima informasi (pasif) dan guru sebagai pemberi informasi dalam pembelajaran. Berdasarkan observasi awal di SMK PGRI 6 Malang pendekatan metode pembelajaran yang digunakan masih cenderung pada metode ceramah dan pemberian tugas. Metode pembelajaran tersebut kurang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan. Penelitian dengan penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Karena dengan metode ini menekankan kemampuan siswa dalam menghadapi masalah. Siswa dipacu untuk kreatif aktif dan tangkap terhadap masalah yang berkaitan dengan mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan. Sedangkan guru memoyivasi memberikan arahan dan menjadi fasilitator. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan pada siswa kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X APK pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan di SMK PGRI 6 Malang. (3)Untuk mengetahui hambatan-hambatan dan solusi apa saja yang dihadapi selama diterapkannya pembelajaran kooperatif dengan model Problem Solving pada siswa kelas X APK mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan di SMK PGRI 6 Malang. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Acton Research). Penelitian dilakukan dalam konteks kelas yang bertujuan untuk melaksanakan perbaikan dalam hal penyempurnaan kegiatan belajar mengajar guru di dalam kelas. Sehingga dapat meningkatkan ketrampilan proses dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka rancangan penelitian yang cocok adalah penelitian tindakan partisipasi. Rancangan ini diambil karena peneliti berpartisipasi secara langsung dalam tindakan penelitian dari awal hingga akhir penelitian. Peneliti berusaha mengamati merefleksi dan mengevaluasi terhadap kegiatan pembelajaran secara langsung. Instrumen pengumpulan data adalah (1) Observasi (2) Soal Tes (pre test dan post test) (3) Catatan lapangan (4) Wawancara (5) Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penerapan metode pembelajaran problem solving berdasarkan kriteria tahapan yaitu merumuskan pemecahan masalah mengelompokkan data sebagai bahan pembuktian pembuktian menentukan pilhan penyelesaian merumuskan masalah menelaah masalah dan mengidentifikasi penyelesaian masalah. (2) Hasil belajar siswa kelas X APK mengalami peningkatan pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan. Berdasarkan penilaian kognitif dan afektif mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua. Namun pada penelitian ini lebih ditekankan pada penilaian aspek kognitif. Hal ini dibuktikan pada hasil penelitian post test siklus pertama dan siklus kedua. Post test siklus pertama skor rata-rata 69 76. Sedangkan post test siklus kedua adalah 92 32. (3) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan hambatan yang dialami yaitu kondisi siswa yang belum terbiasa menggunakan metode pembelajaran problem solving ini dan kegiatan mempresentasikan hasil diskusi kurang optimal. Saran dalam kegiatan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagi Kepala SMK PGRI 6 Malang untuk memberikan motivasi kepada semua guru mata pelajaran baik bekerja sama dengan kolega dan pelanggan maupun yang lainnya agar menerapkan metode problem solving dalam proses belajar mengajarnya.(2) Bagi guru mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan SMK PGRI 6 Malang untuk mencoba menerapkan pembelajaran metode problem solving pada bahasan yang lain karena siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran metode ini dan dapat mengimplementasikan metode problem solving pada pokok bahasan yang sesuai untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya.(3) Bagi guru mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan SMK PGRI 6 Malang agar dalam proses pembelajaran lebih meningkatkan aspek afektif siswa misalkan dengan membiasakan siswa untuk persentasi dan diskusi kelas.(4) Bagi siswa hendaknya mengikuti pembelajaran tersebut dengan sungguh-sungguh karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir kritis berani mengungkapkan pendapat dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.(5) Bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian ini disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran Problem solving pada mata pelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28714

Actions (login required)

View Item View Item