Suryaningsih, Dwi (2010) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan (studi kasus pada siswa kelas XI APK SMK PGRI Mojoagung Jombang) / Dwi Suryaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suryaningsih Dwi. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI APK SMK PGRI Mojoagung Jombang). Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran FE. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Arief M.Si. (II) Drs. Sarbini. Kata Kunci Cooperative Script Motivasi Hasil Belajar dan Mengelola Sistem Kearsipan Pembelajaran dengan model Cooperative Script mempunyai beberapa kelebihan. Kelebihan daripada model pembelajaran ini diantaranya (1) melatih kemampuan berbicara (2) melatih pendengaran ketelitian atau kecermatan (3) setiap peserta didik mendapat peran (4) melatih mengungapkan kesalahan orang lain dengan lisan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMK PGRI Mojoagung Jombang tanggal 4 sampai 23 Februari 2010. Dimana subyek penelitiannya adalah 34 siswa kelas XI program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK). Penelitian dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahap pertama dengan menggunakan metode konvensional tahap kedua adalah siklus I dan tahap ketiga merupakan siklus II. Berdasarkan data hasil observasi aktifitas siswa dapat dilihat bahwa aktifitas siswa sudah masuk dalam kategori sangat baik yakni mencapai nilai rata-rata per kegiatan 3 03. Sedangkan presentase pencapaiannya adalah 76 09% pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan 10% dengan nilai rata-rata 3 37 sedangkan presentase pencapaian adalah 84 55%. Dengan demikian motivasi belajar siswa sangat baik dilihat dari aktifitas belajar siswa selama mengikuti pelajaran. Dari data hasil tes siswa pada pre test siklus I diketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 12 79 belum mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pada post test siklus I dapat diketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 66 02 mengalami peningkatan sebesar 80 62%. Hasil belajar pada siklus I sudah memenuhi ketuntasan belajar baik individu atau secara klasikal. Berdasarkan deskripsi data yang telah diuraikan di atas dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa pada siklus I dikategorikan sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal ( 8805 70%) dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 73 52% siswa telah tuntas. Pada pre test siklus II diketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 63 08 sedangkan pada post test siklus II dapat diketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 71 61 mengalami peningkatan sebesar 11 91%. Berdasarkan deskripsi data yang telah diuraikan di atas dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa pada siklus II dikategorikan sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal ( 8805 85%) dengan presentase ketuntasan belajar klasikal yang dicapai adalah 88 23%. Pencapaian ketuntasan belajar pada siklus II mengalami peningkatan dibandingkan siklus I yaitu sebesar 16.67%. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script mengalami peningkatan. Sehingga model ini perlu untuk diimplementasikan serta dikembangkan bukan hanya pada mata pelajaran Mengelola Sistem kearsipan akan tetapi pada mata pelajaran lainnya. Karena model ini selain meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa model ini juga sangat berguna dalam meningkatkan mental siswa dalam menyampaikan dan menyalurkan kemampuannya kepada orang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |