Lestari, Mega Ratih Indra Mulyaning (2010) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI dalam mata diklat teknologi perkantoran pada program keahlian administrasi perkantoran di SMK Ardjuna 01 Malang tahun 2008/2009 / M. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lestari Mega Ratih Indra Mulyaning. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI dalam Mata Diklat Teknologi Perkantoran pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 01 Malang Tahun 2008/2009. Sripsi Jurusan Pendidikan S-1 Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Gatot Isnani M.Si (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata kunci model pembelajaran STAD dan prestasi Pendidikan merupakan hal yang fundamentalis dalam mencetak generasi muda. Kenyataan menunjukkan bahwa pendidikan dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa. Dunia pendidikan Indonesia telah mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut sesuai dengan perkembangan kurikulum yang ada. Kurikulum yang berkembang saat ini adalah KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Metode pembelajaran kooperatif dirasa efektif dilakukan karena pada dasarnya di sekolah terdapat latar belakang dan kemampuan belajar siswa yang berbeda-beda. Melalui pembelajaran kooperatif diharapkan siswa dapat bekerja sama saling membantu antara siswa satu dengan siswa lainnya dalam hal yang positif yaitu dalam mempelajari suatu materi dan memecahkan permasalahan secara bersama-sama. Berdasarkan wawancara pada tanggal 20 Maret 2009 dengan Kepala Sekolah dan Guru khususnya pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran dalam mata diklat Teknologi Perkantoran di SMK Ardjuna 01 Malang. Metode yang digunakan oleh guru masih menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan sehingga guru menyampaikan materi masih secara teoritis. Dalam penelitian ini peneliti berusaha agar prestasi belajar siswa kelas XI pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran dapat meningkat sesuai yang diharapkan. Namun harapan dengan kenyataan tidak sama banyak faktor penghambat di antaranya yaitu keadaan fasilitas sekolah yang kurang memadai dapat mengakibatkan kurang efektif dalam proses belajar. Sehingga untuk mempermudah dalam penyampaian materi sekaligus materi tersebut dapat diterima oleh siswa maka diperlukan cara yang efektif dalam mengajar dengan menggunakan variasi metode pembelajaran yang digunakan. Metode pembelajaran yang digunakan peneliti dalam menyampaikan materi yaitu metode pembelajaran kooperatif model STAD. Model pembelajaran STAD dipilih peneliti untuk diterapkan pada mata diklat Teknologi Perkantoran kerena mata diklat ini mampu menghadirkan pertanyaan yang mempermudah siswa berlatih berfikir kritis untuk memunculkan ide kreatif mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran STAD prestasi siswa sebelum penerapan model pembelajaran STAD prestasi siswa setelah model pembelajaran STAD dan pendapat siswa mengenai penerapan model pembelajaran STAD pada siswa kelas XI di SMK Ardjuna 01 Malang. Dengan penerapan model pembelajaran STAD pada mata diklat Teknologi Perkantoran diharapkan dapat membantu meningkatkan prestasi siswa. Jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Tahap Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi hasil tindakan. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Ardjuna 01 Malang yang berjumlah 37 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan data dianalisis secara deskriptif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dilakukan melaui observasi saat pembelajaran berlangsung memberikan angket pada siswa wawancara dokumentasi catatan lapangan pre test dan post test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat pada aspek kognitif nilai pre test pada siklus I sebesar 43 89 mengalami peningkatan sebesar 45 97 menjadi 89 86 pada siklus II dan nilai post test pada siklus I sebesar 52 56 mengalami peningkatan sebesar 41 41 menjadi 93 97 pada siklus II. Aspek afektif pada siklus I sebesar 61 15 mengalami peningkatan sebesar 12 06 menjadi 73 21 pada siklus II. Aspek psikomotorik pada siklus I sebesar 63 82 mengalami peningkatan sebesar 7 01 menjadi 70 83 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan sebagai berikut (1) Guru mata diklat Teknologi Perkantoran disarankan untuk menggunakan model pembelajaran STAD dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa. (2) Penerapan dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD hendaknya lebih variatif sehingga siswa lebih termotivasi dalam belajar. (3) Metode yang digunakan dalam pembelajaran hendaknya lebih aktual dan beragam. (4) Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dikembangkan untuk materi lain pada mata diklat Teknologi Perkantoran atau pada mata diklat yang berbeda dan dapat dikembangkan di sekolah lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |