Penerapan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa X administrasi perkantoran pada mata diklat keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI) di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Mia Fajarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa X administrasi perkantoran pada mata diklat keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI) di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Mia Fajarwati

Fajarwati, Mia (2010) Penerapan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa X administrasi perkantoran pada mata diklat keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI) di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Mia Fajarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajarwati Mia. 2009. Penerapan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa X Administrasi Perkantoran pada Mata Diklat Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sarbini (2) Hj. Madziatul Churiyah S.Pd MM. Kata Kunci Model pembelajaran Peta Konsep Hasil Belajar Penerapan pembelajaran yang bersifat konvensional dengan menggunakan metode ceramah secara terus menerus masih banyak diterapkan dalam proses belajar mengajar. Proses pembelajaran yang seperti ini lebih banyak di dominisasi oleh guru dan jarang melibatkan siswa sehingga mengakibatkan siswa cenderung pasif selama proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran ini kegiatan siswa lebih banyak duduk diam mendengarkan mencatat dan mengerjakan soal sehingga siswa terkesan malas dan jarang berpikir aktif. Kegiatan pembelajaran merupakan salah satu cara guru dalam memberikan ilmu pada siswa secara aktif untuk perlu mendapat perhatian khuaus. Salah satu pendekatan pembelajaran yang memperhtikan hal tersebut adalah pembelajaran model peta konsep. Penerapan pembelajaran ini menekankan keaktifan dan kemandirian siswa baik secara fisik maupun mental siswa diberi kesempatan untuk belajar berpikir menghapal menghayati bekerjasama berinteraksi kretif dan terampil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan pembelajaran model peta konsep pada mata diklat Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dilaksanakan pada bulan Oktober sampai awal November. Dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tindakan tahap pelaksanaan tindakan tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subyek yang diteliti adalah kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang dengan sebanyak 34 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber langsung pada subyek yang diteliti. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi wawancara catatan lapangan rubrik penilaian tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa penerapan pembelajaran model peta konsep dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Analisis hasil belajar menunjukkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada hasil nilai pre test dan post test pada siklus 1 dan siklus 2. Dalam siklus 1 nilai rata-rata pre test dan post test meningkat dari 56 62 menjadi 75 91 sebesar 34%. Sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata pre test dan post test meningkat dari 82 21 menjadi 89 62 dengan persentase kenaikan 9%. Hasil belajar yang terdiri dari aspek psikomotorik menunjukkan peningkatan dari siklus 1 dan 2 yaitu dari siklus 1 sebanyak 33 (97 06%) siswa yang mengalami ketuntasan belajar pada siklus 2 peningkatan ketuntasan belajar mencapai 34 siswa (100%). Sedangkan pada aspek afektif menunjukkan peningkatan pada tiap siklusnya yaitu pada siklus 1 ketuntasan belajar mencapai 25 siswa (73 53%) dan siklus 2 ketuntasan belajar juga mencapai 34 siswa (100%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun saran yang dapat diajukan yaitu 1) Bagi sekolah diharapkan dapat menerapkan pembelajaran peta konsep dalam pola pembelajaran bervariasi 2) Bagi guru dapat mengimplementasikan pembelajaran peta konsep pada mata diklat lain selain KKPI yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhannya 3) Bagi peserta didik dapat bekerjasama yang baik antar sesama teman membantu dalam penyempurnaan ingatan siswa dapat membantu siswa belajar dengan efisien 4) Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian dengan penerapan model pembelajaran peta konsep dengan menggunakan kompetensi dan subyek penelitian yang berbeda selain itu dapat menerapkan metode pembelajaran bervariasi yang menarik lainnya yang dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28707

Actions (login required)

View Item View Item