Pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan kemampuan menganalisis pemasaran online pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (studi pada peserta didik Kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen) / Kartika Dwi Cahya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan kemampuan menganalisis pemasaran online pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (studi pada peserta didik Kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen) / Kartika Dwi Cahya

Cahya, Kartika Dwi (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan kemampuan menganalisis pemasaran online pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (studi pada peserta didik Kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen) / Kartika Dwi Cahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audiovisual berbasis sparkol videoscribe serta mengetahui peningkatan kemampuan analisis pemasaran online pada siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan media pembelajaran sparkol videoscribe. Penelitian menggunakan metode Research and Development (RnD) Borg amp Gall yang telah dimodifikasi. Pengembangan media pembelajaran melalui uji validitas dengan presentase kelayakan sebesar 97% dari aspek materi dan 98% dari sisi media dimana masuk kedalam kategori ldquo Sangat Layak rdquo . Revisi ahli materi dan ahli media selanjutnya dijadikan acuan dalam memperbaiki media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Pretest amp Posttest guna mengidentifikasi perbedaan kemampuan analisis pemasaran online setelah menggunakan media berbasis sparkol videoscribe. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan output uji Mann Whitney diketahui bahwa Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0 001 yaitu lt 0 005 sehingga dapat dikatakan bahwa ldquo Hipotesis Diterima rdquo maka artinya terdapat perbedaan tingkat rata-rata kemampuan analisis pemasaran online peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran Sparkol Videoscribe terhadap kemampuan analisis pemasaran online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2023 04:29
Last Modified: 10 Aug 2023 02:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/287027

Actions (login required)

View Item View Item