Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga melalui entrepreneurial self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Jombang / Olivia Safitri Rachillah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga melalui entrepreneurial self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Jombang / Olivia Safitri Rachillah</p>

Rachillah, Olivia Safitri (2023) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga melalui entrepreneurial self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Jombang / Olivia Safitri Rachillah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya presentasi jumlah wirausahawan yang ada di Indonesia. Padahal apabila negara Indonesia memiliki presentasi melebihi 2% dari total penduduk berprofesi sebagai wirausahawan maka Indonesia dapat dikatakan sebagai negara maju. Oelh karena itu sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia perlu diawali dengan memunculkan minat yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pendidikan kewirausahaan yang nantinya akan mendorong sikap efikasi diri wirausaha yang dapat menstimulasi minat berwirausaha siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga melalui entrepreneurial self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Jurusan Bisnis Daring Pemasaran dan Akuntansi Keuangan Lembaga dengan menggunakan sampel sebanyak 138 responden yang dipilih secara proporsional dengan metode acak. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode deskriptif eksplanatori dan analisis jalur menggunakan aplikasi SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap entrepreneurial self efficacy dengan nilai signifikansinya sebesar 0 000. Lingkungan keluarga sebagai variabel X2 juga berpengaruh secara positif dan dan signifikan dengan nilai signifikannya sebesar 0 000 terhadap entrepreneurial self efficacy. Kemudian pendidikan kewirausahaan juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha sebesar 0 001 dan variabel lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha sebesar 0 005. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan nilai signifikan dari pengaruh variabel entrepreneurial self efficacy terhadap minat berwirausaha sebesar 0 000. Rekomendasi dari penelitian yang telah dilakukan ini yaitu meningkatkan rasa antusias siswa pada kegiatan workshop di sekolah dengan menyediakan narasumber dan tema yang lebih menarik membantu para siswa yang tertarik untuk berwirausaha namun terkendala modal dengan membantu mereka dalam memperoleh permodalan dari pemerintah meningkatkan minat berwirausaha siswa melalui kemampuan mereka pada teknologidengan mengasah mereka melalui praktik bisnis yang lebih modern serta selalu memberikan dukungan verbal bagi seluruh siswa untuk selalu percaya diri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/287022

Actions (login required)

View Item View Item