Pengembangan media pembelajaran berbantuan articulate storyline untuk meningkatkan keaktifan siswa / Michael Chrisman Harianja - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan articulate storyline untuk meningkatkan keaktifan siswa / Michael Chrisman Harianja

Harianja, Michael Chrisman Harianja (2023) Pengembangan media pembelajaran berbantuan articulate storyline untuk meningkatkan keaktifan siswa / Michael Chrisman Harianja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk membantu proses pembelajaran agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan siswa lebih aktif dalam melaksanakan pembelajaran dikelas. maka dari itu Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline yang valid untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Dasar Pemasaran kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 3 Malang. Media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline diisi dengan konten yang berupa gambar teks audio visual video animasi yang berisi pembelajaran serta games yang dapat diakses melalui laptop tablet maupun smartphone. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bauran Pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan model penelitian Borg and Gall yang digunakan menjadi 8 tahapan penelitian yaitu potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan observasi ke sekolah dan melakukan wawancara kepada guru mata pelajaran Dasar Pemasaran Analisis data penelitian ini menggunakan persentase untuk mengukur hasil data validasi media dan validasi materi serta penilaian keaktifan siswa di kelas yang melibatkan 3 observer. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline yang layak dan meningkatkan keaktifan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/287019

Actions (login required)

View Item View Item