Penerapan pembelajaran kooperatif model PBL (problem based learning) untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa kelas C APK SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro) / Yunica Crisna Dewi A. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model PBL (problem based learning) untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa kelas C APK SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro) / Yunica Crisna Dewi A.

Dewi A, Yunica Crisna (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model PBL (problem based learning) untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa kelas C APK SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro) / Yunica Crisna Dewi A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Crisna Yunica. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperratif Model PBL (Problem Based Learning)Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan (Studi pada siswa Apk kelas X SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro). Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Agung Winarno M. M (2) Imam Bukhori S.Pd. M.M. Kata kunci Model PBL (Problem Based Learning) Prestasi Belajar Salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan menetapkan yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang lebih dikenal dengan sebutan KTSP. KTSP merupakan upaya untuk menyempurnakan kurikulum agar lebih familiar dengan guru karena guru banyak dilibatkan sehingga diharapkan memiliki tanggung jawab yang memadai. Penyempurnaan kurikulum yang berkelanjutan merupakan keharusan agar sistem pendidikan nasional selalu relevan dan kompetitif. Proses pembelajaran dapat berhasil jika didukung oleh metode pembelajaran yang berkualitas dan juga oleh adanya dukungan atau partisipasi aktif dari subjek pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran yang berkualitas adalah tanggung jawab guru dan partisipasi aktif yang harus ditunjukkan siswa. dengan minat belajar yang tinggi. Melalui proses pembelajaran yang kondusif yaitu didukung dengan metode pembelajaran yang berkualitas dan partisipasi aktif dari siswa dapat dipastikan prestasi belajar yang diperoleh maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) interview (wawancara) catatan lapangan studi dokumenter dan tes. Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Apk SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran model PBL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Apk kelas X SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata pre tes siklus I mencapai 36 25 dan meningkat menjadi 81 25 pada pos tes. Hasil penelitian pada siklus II rata-rata pre tes mencapai 57 75 dan meningkat menjadi 82 75 pada pos tes. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran model PBL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan sebagai berikut (1) model pembelajaran problem based learnaing telah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga bagi guru mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan dan guru mata pelajaran lainnya dapat menerapakan pembelajaran PBL (2) bagi peneliti berikutnya dapat dikembangkan untuk materi selain Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan dan dapat dikembangkan untuk sekolah-sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28700

Actions (login required)

View Item View Item