Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran peralatan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa kelas VII semester I di MTs Al-Ma'hadul Islami Beji Pasuruan / Priyo Hartanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran peralatan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa kelas VII semester I di MTs Al-Ma'hadul Islami Beji Pasuruan / Priyo Hartanto

Hartanto, Priyo (2012) Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran peralatan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa kelas VII semester I di MTs Al-Ma'hadul Islami Beji Pasuruan / Priyo Hartanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia interaktif Teknologi informasi dan komunikasi Multimedia interaktif merupakan perwujudan dari multimedia pembelajaran karena penyampaiannya memadukan unsur audio gambar animasi serta warna sehingga dapat menarik minat pengguna. Berdasarkan hasil observasi di Mts. Al-Ma hadul Islami Beji Pasuruan dalam penyampaian materi pelajaran khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi guru masih menggunakan metode ceramah dan buku teks sehingga siswa cepat merasa jenuh dan kurang termotivasi dalam menerima pelajaran. Pengembang membuat alternatif pilihan media pembelajaran melalui pengembangan multimedia interaktif. Media ini di desain menarik yang bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar dan mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran. Pengembangan multimedia interaktif ini diuji cobakan kepada siswa kelas VII Mts. Al-Ma hadul Islami Beji Pasuruan pada mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi pokok bahasan Peralatan Dan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan multimedia interaktif yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran memotivasi siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) kelas VII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Sadiman (2008). Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut antara (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) produksi (7) tes/ uji coba (8) revisi (9) Produk siap dimanfaatkan. Subyek uji coba dalam pengembangan multimedia interaktifini adalah siswa kelas VII di Mts. Al-Ma hadul Islami Beji Pasuruan. Pengumpulan data dilakukan melalui instrument angket ahli media ahli materi dan audiens/siswa. Untuk hasil belajar siswa digunakan evaluasi bentuk tes yaitu pre-test dan post-test. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi ahli media ahli materi dan siswa adalah persentase sedangkan untuk mengolah hasil belajar siswa digunakan perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media dengan berpedoman pada SKM (Standar Ketuntasan Minimum) dari Mts. Al-Ma hadul Islami Beji Pasuruan. Hasil pengembangan multimedia interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak yakni ahli media 93 75% ahli materi 96 25% uji kelompok kecil 91% dan hasil uji coba lapangan/kelas ii klasikal adalah 87 86%. Sedangkan untuk hasil belajar pada uji coba lapangan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan multimedia interaktif ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang memenuhi SKM sebanyak 80% pada uji coba kelompok kecil dan 51 02% pada uji coba lapangan/kelas klasikal. Dengan demikian multimedia interaktif ini bisa dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan kepada guru mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi adalah hendaknya multimedia interaktifr ini dapat digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam pembelajaran. Sedangkan untuk pengembang selanjutnya sebaiknya dapat mengembangkan media pembelajaran yang lebih inovatif yang disesuaikan dengan perkembangan yang ada sehingga dapat menghasilkan media pembelajaran yang lebih baik tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item