Puspitasari, Niki (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model probem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 2 Malang) / Niki Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspita Sari Niki. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Studi pada Siswa Kelas X APK SMK PGRI 2 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. (II) Madziatul Churiyah S.Pd M.M. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Problem Based Learning Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah lemahnya proses pembelajaran. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centered) dan siswa hanya diam duduk dan menerima informasi dari guru. Guru dalam menyampaikan materi pelajaran tidak kreatif dan kurang menarik perhatian siswa untuk berperan aktif di dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian membuat siswa tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran serta kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru karena mereka merasa jenuh dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang monoton. Masalah ini pada akhirnya berdampak negatif pada motivasi belajar dan prestasi belajar siswa di sekolah. Salah satu strategi yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan salah satunya adalah dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) yang dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir memecahkan masalah dan keterampilan intelektual. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah agar motivasi belajar siswa meningkat sehingga dapat pula meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Kelas X Apk SMK PGRI 2 Malang 2) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa dengan adanya penerapan pembelajaran kooperatif Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Kelas X Apk SMK PGRI 2 Malang 3) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa dengan adanya penerapan pembelajaran kooperatif Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Kelas X Apk SMK PGRI 2 Malang 4) Mendeskripsikan respon siswa dengan adanya penerapan pembelajaran kooperatif Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Kelas X Apk SMK PGRI 2 Malang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Apk SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah 37 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu iii perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) Reduksi data 2) Penyajian data dan 3) Penyimpulan hasil analisis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di kelas X Apk SMK PGRI 2 Malang dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil peningkatan ketercapaian motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Selain itu penerapan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di kelas X Apk SMK PGRI 2 Malang juga mendapat respon sangat positif dari siswa. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah 1) Bagi guru SMK PGRI 2 Malang khususnya guru mata pelajaran Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja diharapkan dapat mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan masing-masing karakteristik mata pelajaran seperti model Problem Based Learning (PBL) sebagai alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa 2) Siswa hendaknya dapat belajar dengan giat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir kritis berani mengungkapkan pendapat meningkatkan motivasi belajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan 3) Bagi peneliti berikutnya agar dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah bukan hanya pada mata pelajaran Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |