Inovasi e-module interaktif epub berbasis kotobee untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dalam implementasi merdeka belajar (studi pada peserta didik Kelas x jurusan pemasaran SMKN 1 Malang) / Siti Zumroh</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Inovasi e-module interaktif epub berbasis kotobee untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dalam implementasi merdeka belajar (studi pada peserta didik Kelas x jurusan pemasaran SMKN 1 Malang) / Siti Zumroh</p>

Zumroh, Siti (2023) Inovasi e-module interaktif epub berbasis kotobee untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dalam implementasi merdeka belajar (studi pada peserta didik Kelas x jurusan pemasaran SMKN 1 Malang) / Siti Zumroh</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan penggunaan produk E-Module yang belum optimal serta kurangnya kemampuan metakognitif peserta didik jurusan pemasaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan yaitu mengembangkan E-Module interaktif EPUB berbasis Kotobee dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan research and development (R amp D) dengan model ADDIE melalui 5 tahap yaitu (1) Analysis (analisis) (2) Design (desain) (3) Development (pengembangan) (4) Implementation (implementasi) dan (5) Evaluation (evaluasi). Uji coba dilakukan di X PM 3 sebagai kelas eksperimen dan X PM 4 sebagai kelas kontrol. Analisis dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif dalam pemrosesan data. Hasil penelitian dan pengembangan berupa E-Module interaktif EPUB berbasis Kotobee yang berisi materi video link dan soal evaluasi yang dapat digunakan peserta didik secara mandiri dimanapun dan kapanpun dengan mengaksesnya melalui aplikasi Kotobee Reader atau website Kotobee Shared Library. Hasil nilai post tes dan nilai keterampilan seluruh peserta didik menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara kemampuan metakognitif kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selain itu pengisian angket metacognitive awareness inventory (MAI) yang dianalisis melalui uji N Gain menunjukkan adanya peningkatan kemampuan metakognitif peserta didik. E-Module interaktif EPUB berbasis Kotobee efektif dan tepat digunakan sebagai penunjang pembelajaran dasar-dasar pemasaran yang terbukti mampu meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286978

Actions (login required)

View Item View Item