Pengaruh motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Ardjuna 1 Malang / Vita Varadila Rensa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Ardjuna 1 Malang / Vita Varadila Rensa

Rensa, Vita Varadila (2010) Pengaruh motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Ardjuna 1 Malang / Vita Varadila Rensa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rensa Vita Varadila 2010. Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMK Ardjuna 1 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Nyoman Suputra M. Si. (II) Imam Bukhori S.Pd. M.M Kata Kunci Motivasi Kerja Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Kinerja Guru Pendidikan yang bermutu dan berkualitas tentunya akan menghasilkan sumber daya manusia yang dapat mengoptimalkan potensi sumber daya lainnya yang ada di negaranya. Kualitas pendidikan dan lulusan seringkali dipandang tergantung kepada peran guru dalam pengelolaan komponen-komponen pengajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang menjadi tanggung jawab sekolah. Oleh sebab itu tugas yang berat dari seorang guru ini pada dasarnya hanya dapat dilaksanakan oleh guru yang memiliki kinerja yang tinggi. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi kinerja yaitu motivasi gaya kepemimpinan fasilitas kerja dan sebagainya. Namun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah motivasi kerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Motivasi akan timbul dalam diri guru apabila ada perhatian kesesuaian kepercayaan dan kepuasan yang diberikan kepala sekolah serta komunikasi yang lancar antara guru dan kepala sekolah dan guru dengan guru akan dapat meningkatkan kinerja. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kualitas mutu sekolah. Penerapan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang tepat akan mempunyai pengaruh yang berarti dalam pengambilan keputusan maupun dalam mempengaruhi guru untuk melakukan pekerjaan yang lebih efisien dan efektif untuk mencapai kinerja guru yang baik. Peneliti memilih SMK Ardjuna 1 Malang karena berdasarkan observasi awal kinerja guru di SMK Ardjuna 1 Malang dinilai masih dalam kategori rendah selain itu SMK Ardjuna 1 merupakan sekolah kejuruan yang mempunyai jumlah siswa dengan berbagai sifat dan karakter yang berbeda-beda. Oleh karena itu seorang guru di sini dituntut memiliki kinerja yang bagus agar anak didiknya dapat memperoleh prestasi yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja guru dan pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian penjelasan (an explenatory research). Pengambilan data primer menggunakan instrumen angket dengan skala likert 5 alternatif jawaban pernyataan dan pertanyaan dijabarkan dalam angket untuk guru sebanyak 19 item kemudian disebarkan kepada 30 guru di SMK Ardjuna 1 Malang dan untuk kepala sekolah sebanyak 10 item pertanyaan untuk menilai 30 guru. Agar data yang diperoleh dari instrumen penelitian sakhih maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan bantuan SPSS 15.00 for windows. Karena penelitian ini menjelaskan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat maka termasuk penelitian jenis kuantitatif. Teknik pengumpulan data selain menggunakan angket juga observasi dokumen dan interview atau wawancara. Penelitian ini merupakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan variabel motivasi kerja guru (X1) dan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) dan kinerja guru (Y). Sedangkan analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap terikat yaitu motivasi kerja guru (X1) dan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y) di SMK Ardjuna 1 Malang secara parsial. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut berdasarkan analisis distribusi frekuensi sebagian besar (53 33%) guru di SMK Ardjuna 1 Malang menyatakan motivasi kerja guru tinggi sedangkan sebagian besar (73 33%) guru di SMK Ardjuna 1 Malang menyatakan gaya kepemimpinan kepala sekolah adalah baik dan sebagian besar (56 67%) kinerja guru di SMK Ardjuna 1 Malang adalah tinggi atau baik. Dari analisis analisis regresi berganda dengan menggunakan taraf kesalahan 5%. Secara parsial dapat diketahui variabel motivasi kerja guru (X1) mempunyai Sigt 0 004 0 05. thitung (3 172) ttabel (1 703) dan Nilai 946 0 542 sehingga dapat dikatakan secara parsial motivasi kerja guru (X1) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y). Untuk variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) mempunyai Sigt 0 003 0 05. thitung (3 267) ttabel (1 703) dan Nilai 946 0 873 sehingga dapat dikatakan secara parsial gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y). Nilai Angka Adjusted R square menunjukkan koefisien determinasi sebesar 40 6% yang berarti perubahan variabel kinerja guru (Y) disebabkan oleh motivasi kerja guru (X1) dan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) sedangkan sisanya 59 4% disebabkan oleh faktor di luar variabel yang ada dalam penelitian ini. Kemudian penghitungan Sumbangan Efektif secara parsial variabel motivasi kerja guru (X1) adalah sebesar 25 90% dan Sumbangan Efektif variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) adalah sebesar 42 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) lebih berpengaruh dominan terhadap variabel kinerja guru (Y). Dari paparan data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Ardjuna 1 Malang dan terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Ardjuna 1 Malang. Dari kesimpulan di atas diharapkan di masa akan datang guru dapat lebih meningkatkan motivasi kerjanya dan kepala sekolah dapat menerapkan gaya kepemimpinan yang lebih baik lagi sehingga dapat meningkatkan kinerja guru di SMK Ardjuna 1 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28697

Actions (login required)

View Item View Item