Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi siswa kelas X APK SMK Ardjuna 2 Malang / Waode Pinasti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi siswa kelas X APK SMK Ardjuna 2 Malang / Waode Pinasti

Pinasti, Waode (2010) Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi siswa kelas X APK SMK Ardjuna 2 Malang / Waode Pinasti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat belajar adalah sesuatu keinginan atau kemauan yang disertai perhatian dan keaktifan yang disengaja yang akhirnya melahirkan rasa senang dalam perubahan tingkah laku baik berupa pengetahuan sikap dan keterampilan. Kebiasaan belajar merupakan suatu tingkah laku yang dilakukan oleh siswa secara teratur dalam kegiatan belajar guna mencapai tujuan yang diinginkan penelitian ini. Penulis mambagi kebiasaan belajar menjadi dua yaitu kebiasaan belajar dirumah dan di sekolah. Prestasi belajar siswa diartikan sebagai hasil yang dicapai melalui tugas terstruktur dan tes yang hasilnya dinyatakan dalam simbol angka huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil belajar yang sudah dicapai oleh setiap siswa dalam periode tertentu.Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan (1) Mendeskripsikan minat belajar siswa kelas X APK di SMK Arjuna 2 Malang (2) mendeskripsi kebiasaan belajar siswa kelas X APK di SMK Arjuna 2 Malang (3) mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X APK di SMK Arjuna 2 Malang (4) mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X APK di SMK Arjuna 2 Malang dan (5) mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan minat dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X APK di SMK Arjuna 2 Malang.. Penelitian dirancang sebagai penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda terhadap 39 siswa kelas X APK di SMK Arjuna 2 Malang. Instrumen penelitian berupa angket yang menggunakan pertanyaan tertutup. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Minat belajar siswa memiliki kecenderungan yang berada dalam kategori rendah (2) Kebiasaan belajar siswa memiliki kecenderungan yang berada dalam kategori baik (3) Minat belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (4) Kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dan (5) Minat dan kebiasaan belajar berpengaruh signifikan secara simultan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan keseluruhan penelitian hingga tahap penyimpulan saran yang dapat penulis ajukan adalah sebagai berikut (1) bagi SMK Arjuna Malang penelitian ini menjadi masukan guna mencari alternatif pembelajaran di sekolah yang lebih berpotensi untuk menarik minat siswa misalnya melalui pembelajaran yang bersifat simulasi praktis maupun memiliki interaktivitas yang tinggi (2) bagi siswa SMK Arjuna Malang penelitian ini memberikan masukan bagi siswa untuk lebih meningkatkan motivasi belajar dengan mendorong diri sendiri untuk menggunakan metode belajar kreatif sehingga dapat meningkatkan minat mereka terhadap pelajaran di sekolah (3) bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi peneliti lain dengan fokus yang sama. Pengembangan penelitian ini dapat diharapkan dapat dilakukan dengan memperluas cakupan faktor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28695

Actions (login required)

View Item View Item