Pengaruh kultur sekolah terhadap motivasi belajar siswa melalui kinerja guru (studi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Turen) / Nur Anita

Anita, Nur (2010) Pengaruh kultur sekolah terhadap motivasi belajar siswa melalui kinerja guru (studi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Turen) / Nur Anita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anita, Nur. 2009. Pengaruh Kultur Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Melalui Kinerja Guru. Skripsi, Jurusan Manajemen S1 Pendidikan Adminstrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyanto, M.M, (II) Imam Bukhori, S.Pd, M.M. Kata kunci Kultur Sekolah, Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Guru Usaha-usaha peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan merupakan tekad dan komitmen bangsa Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada hakikatnya ada dua pendekatan yang dapat dilakukan yaitu struktural dan kultural. Perbaikan struktural telah lama dilakukan Departemen Pendidikan Nasional seperti perbaikan komponen-komponen dan pelatiahan guru namun hasilnya belum menggembirakan. Hal ini sesuai pengamatan Ginningham dan Gresso (dalam Jumadi, 2004:22) yang mengisyaratkan ÔÇØbahwa dalam perjalanan sejarah, usaha peningkatan pendidikan melalui pendekatan struktural tidak berhasil mengubah keadaanÔÇØ. Berbeda dengan pendekatan kultural yang bersifat bottom-up, sehingga warga sekolah tidak merasa disuruh, diperintah atau dipaksa melakukan perbaikan-perbaikan, namun atas kesadaran, keyakinan dan kehendak sendiri melakukan perbaikan-perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan. Salah satu faktor untuk mencapai tujuan pendidikan sekolah dan peningkatan kinerja sekolah perlu dibangun budaya organisasi di sekolah. Menurut Deal dan Peterson, (1999) budaya sekolah adalah ÔÇØsekumpulan nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh kepala sekolah, guru, petugas administrasi, siswa, dan masyarakat sekitar sekolahÔÇØ. Budaya sekolah merupakan ciri khas, karakter atau watak, dan citra sekolah tersebut di masyarakat luas. Penerapan kultur sekolah yang tepat akan mempunyai pengaruh yang berarti dalam aktivitas belajar siswa, maupun dalam mempengaruhi guru untuk melakukan pekerjaan yang lebih efisien dan efektif untuk mencapai kinerja guru yang baik. Motivasi dapat merupakan tujuan dan alat pembelajaran, karena merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan belajar. Dengan adanya motivasi, siswa akan terdorong untuk melaksanakan dan mengerjakan tugas belajarnya. Motivasi tidak hanya berasal dari dalam diri sendiri (internal) akan tetapi juga berasal dari luar (eksternal). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara: (1) Kultu sekolah terhadap kinerja guru, (2) Kultur sekolah terhadap motivasi belajar siswa, (3) Kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa, dan (4) Kultur sekolah terhadap motivasi belajar melalui kinerja guru Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Explanatory research. Populasi yang dipilih adalah adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Turen berjumlah 510 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel random (random sampling) dengan sampel sebanyak 75 responden, dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression). Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara Kultur Sekolah terhadap Kinerja Guru pada siswa SMK Negeri 1 Turen sebesar 0,389, (2) Terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara Kultur Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Siswa SMK Negeri 1 Turen sebesar 0,215, (3) Terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara Kinerja Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Turen sebesar 0,523, dan (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan antara Kultur Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa melalui variabel Kinerja Guru pada SMK Negeri 1 Turen sebesar 0,203. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) Salah satu sarana yang ada disekolah adalah perpustakaan, selama ini penggunaan perpustakaan di SMK Negeri 1 Turen masih kurang maksimal selain dikarenakan koleksi buku-buku yang terbatas, penataan ruangan yang kurang menarik juga diakibatkan ruang perpustakaan yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar sehingga membatasi siswa untuk masuk kedalam perpustakaan. Kultur sekolah yang ada di SMK Negeri 1 Turen hendaknya ditingkatkan utamanya dalam penyediaan sarana dan prasarana kelas dan perpustakaan sekolah, karena perpustakaan merupakan sumber pengetahuan bagi siswa dimana siswa mendapatkan berbagai informasi yang mungkin tidak diberikan di kelas; (2) Kondisi kinerja guru di SMK Negeri 1 Turen dikategorikan cukup. Kondisi tersebut akan lebih meningkat apabila kepala sekolah dapat mempertahankan dan bahkan mampu meningkatkan hasil kerja yang telah dicapai kearah yang lebih baik di masa mendatang dengan cara memberikan motivasi melalui penciptaan kultur sekolah yang baik, agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan mencapai kinerja yang maksimal.; (3) Motivasi belajar yang ada pada diri siswa sangat berpengaruh pada prestasi siswa itu sendiri, untuk itu dalam menimbulkan motivasi belajar siswa peranan guru sebagai orang tua bagi siswa disekolah sangat berperan besar, sehingga diharapkan guru mampu bekerja secara profesional dan menjadi pribadi yang menyenangkan bagi siswa dalam kegiatan belajarnya.; (4) Dalam penelitian selanjutnya yang bertema kultur sekolah dan motivasi belajar siswa agar objek yang di ambil lebih baik adalah sekolah se-Malang Raya. Dengan mengambil sampel pada sekolah se-Malang Raya maka akan memiliki keragaman yang lebih tinggi baik karakter maupun demografi pada kultur yang ada pada sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28692

Actions (login required)

View Item View Item