Sholikah, Rivit Aminatus (2010) Implementasi model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran humas dan keprotokolan (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) Rivit Aminatus Sholikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sholikah Rivit Aminatus. 2009. Implementasi Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan (Studi pada Siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas X APK SMK PGRI 6 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pebimbing (1) Dr. Sopiah M.Pd M.Si (2) Imam Bukhori S.Pd M.M. Kata Kunci Implementasi Model Pembelajaran Role Playing Hasil Belajar. Pembaharuan dalam dunia pendidikan merupakan sebuah tuntutan yang harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional mengingat persaingan dapat terjadi disemua bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan. Untuk memperbaiki kualitas pendidikan tersebut berbagai upaya telah dilakukan pemerintah melalui Depdiknas. Salah satunya adalah melakukan penyempurnaan kurikulum. Pengembangan kurikulum dilakukan oleh guru kepala sekolah serta komite sekolah dan dewan pendidikan yang berkelanjutan merupakan keharusan agar sistem pendidikan nasional selalu relevan dan kompetitif. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegitan siswa bekerja dan mengalami bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Pembelajaran menghubungkan pengetahuan awal siswa dengan materi yang sedang dipelajari dan sekaligus memperhatikan faktor kebutuhan individual siswa dan peranan guru. Sehubungan dengan itu dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan maksud untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran dengan mengumpulkan data berupa uraian-uraian atau kalimat dan bukan angka sehingga bersifat deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes desain pembelajaran lembar kerja siswa lembar observasi angket dan hasil belajar peserta didik (aspek kognitif aspek afektif aspek psikomotor). Adapun prosedur pengumpulan data yang dilakukan (1) pemberian tes (2) pengamatan partisipan (3) penyebaran angket (4) dokumentasi. Tahap analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) analisis data aktivitas peserta didik (2) analisis pengelolaan pembelajaran (3) analisis persepsi siswa analisis tes hasil belajar (4) paparan data (5) penarikan kesimpulan. Tahap-tahap penelitian tindakan kelas ini (PTK) berupa siklus spiral yang meliputi (1) perencanaan (2) pemberi tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Dalam penelitian ini direncanakan dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Adapun model pembelajaran yang cocok dengan pendekatan siswa aktif pada kompetensi Humas dan Keprotokolan adalah model pembelajaran role playing yaitu dengan materi aplikasi master of ceremony (MC). Hasil penelitian ini mencakup hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran role playing. Hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan pemberian nilai antara siklus I dan siklus II. Penilaian hasil belajar siswa melalui tes hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran (APK) di SMK PGRI 6 Malang. Penelitian ini dibagi menjadi 4 tahap kegiatan yaitu (1) pendahuluan dari observasi awal pengamatan pendahuluan siswa guru dan dukungan pihak sekolah. Pelaksanaan siklus I dan siklus II meliputi (1) rencana tindakan model pembelajaran role playing (2) pelaksanaan tindakan model pembelajaran role playing (3) temuan penelitian pada tindakan model pembelajaran role playing (4) refleksi tindakan model pembelajaran role playing. Adapun fokus pengamatan yang dilakukan adalah (1) aktivitas peserta didik (2) kemampuan peneliti dalam mengelola pembelajaran (3) evaluasi hasil belajar peserta didik (aspek kognitif aspek afektif aspek psikomotor) dalam proses pembelajaran model role playing. Kesimpulan perbandingan hasil aktivitas peserta didik dengan mengetahui peningkatan hasil aktifitas peserta didik selama penerapan model pembelajaran role playing terhadap kelompok atas tengah dan bawah peneliti menarik kesimpulan bahwa model pembelajaran role playing dapat diterapkan untuk seluruh peserta didik baik yang memiliki kemampuan tinggi sedang maupun rendah. Kegiatan pembelajaran tersebut dapat meningkatkan aktivitas masing-masing kelompok secara efektif dan bermakna. Sedangkan kesimpulan dalam mengelola model pembelajaran role playing yang diberikan adalah peneliti dapat melaksanakan pengelolaan kelas dengan baik pada setiap siklus yang dilakukan sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Hal ini juga dimaknai bahwa tindakan intervensi yang dilakukan oleh peneliti selama siklus I dan siklus II dapat memotivasi peserta didik untuk selalu memperbaiki pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas. Penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar ranah aspek kognitif afektif psikomotor pada mata pelajaran humas dan keprotokolan di kelas X APK SMK PGRI 6 Malang berlangsung. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif dapat diketahui dari adanya peningkatan nilai pre test dan pos test yaitu 52.26 (siklus I) menjadi 88.19 (siklus II). Peningkatan hasil belajar aspek afektif dapat diketahui dari adanya peningkatan nilai persentase rata-rata siklus I dan siklus II yaitu dari 9.72% kualifikasinya kurang 56.94% kualifikasinya cukup 112.50% kualifikasinya baik 20.83% kualifikasinya baik sekali menjadi 13.89% kualifikasinya cukup 129.17% kualifikasinya baik dan 56.94% kualifikasinya baik sekali. Peningkatan hasil belajar aspek psikomotor diketahui dari peningkatan hasil pencapaian nilai kinerja peserta didik dari nilai bagi kualifikasi cukup (siklus I) menjadi dengan kualifikasi baik pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |