Indarwati, Wahyu (2010) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja melalui motivasi kerja guru di lingkungan SMA Negeri 5 Malang / Wahyu Indarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Indarwati Wahyu. 2008. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja melalui Motivasi Kerja Guru di Lingkungan SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen S1 Pendidikan Adminstrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Nyoman Suputra M.Si (II) Drs. Agus Hermawan M.Si. M Bus Kata kunci Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Motivasi Kerja Kinerja Keberhasilan tujuan pendidikan nasioanal harus memperhatikan komponen pendidikan khususnya sumber daya manusia (SDM) yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan sekolah untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Dalam mengembangkan sekolah kepala sekolah seringkali terfokus pada bagaimana mengembangkan sekolah dan memperbaiki kualitas anak didik mengenai pengelolaan sumber daya manusia yaitu guru masih merupakan tanda tanya besar. Kendati sering terdengar isu tentang pentingnya pengelolaan kinerja guru di lingkungan sekolah tetapi penangananya secara terencana dan terfokus baik oleh Departemen Pendidikan Nasional pihak sekolah maupun guru itu sendiri masih jarang dilakukan. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kualitas mutu sekolah. Seorang pimpinan baik di sekolah maupun di organisasi apapun dapat mempengaruhi moral kepuasan kerja keamanan kualitas kehidupan kerja dan terutama tingkat prestasi suatu organisasi. Kemampuan dan keterampilan kepemimpinan dalam pengarahan adalah faktor penting efektivitas manajer dalam sebuah perusahaan. Kepemimpinan dihubungkan dengan motivasi akan menghasilkan kinerja dimana kinerja menurut Simanjuntak (2005) (dalam Staffmm 2007) menyatakan bahwa kinerja seseorang bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kepemimpinan hubungan industrial kemampuan dan keterampilan motivasi sikap etos kerja struktur organisasi teknologi dan peralatan atau fasilitas kerja dan kondisi kerja. Penerapan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang tepat akan mempunyai pengaruh yang berarti dalam pengambilan keputusan maupun dalam mempengaruhi guru untuk melakukan pekerjaan yang lebih efisien dan efektif untuk mencapai kinerja guru yang baik. Kinerja guru mengacu pada tingkah laku saat mengajar di kelas. Tingkah laku merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif. Motivasi akan timbul dalam diri guru apabila ada perhatian kesesuaian kepercayaan dan kepuasan yang diberikan kepala sekolah serta komunikasi yang lancar antara guru dan kepala sekolah dan guru dengan guru akan dapat meningkatkan kinerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja (3) motivasi kerja terhadap kinerja dan (4) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja melalui motivasi kerja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Explanatory research. Populasi yang dipilih adalah adalah seluruh guru di SMA Negeri 5 Malang berjumlah 77 guru. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel i bertujuan (purposive sampling) dengan sampel sebanyak 44 responden dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression). Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja pada guru SMA Negeri 5 malang sebesar 0 509 (2) Terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja pada guru SMA Negeri 5 malang sebesar 0 284 (3) Terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara Motivasi Kerja terhadap Kinerja guru SMA Negeri 5 malang sebesar 0 610 dan (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja melalui variabel Motivasi Kerja pada guru SMA Negeri 5 malang sebesar 0 310. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Pihak kepala sekolah hendaknya lebih meningkatkan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang lebih baik kepada para guru yaitu yang berorientasi pada tugas dan pada hubungan manusia. Dengan jalan lebih jelas dalam memberikan pengarahan tugas suatu pekerjaan dan senantiasa mengkoordinasi kerja anggotanya mengadakan komunikasi total arah dengan pendekatan terhadap anggotanya bersifat terbuka dan mau menerima saran atau pendapat dari anggotanya yang berkaitan dengan kemajuan sekolah serta terusmenerus memotivasi guru agar dapat bekerja lebih baik dan terus meningkatkan prestasi kerja dari yang ada sekarang demi kemajuan sekolah (2) Kepala sekolah sebaiknya mengetahui keinginan dan harapan para guru sehingga tujuan yang diharapkan sekolah dapat tercapai (3) Kondisi motivasi kerja di SMA Negeri 5 Malang dikategorikan sangat tinggi. Oleh karena itu kepala sekolah diharapkan harus dapat mempertahankan dan meningkatkan lagi kondisi tersebut. Karena terbukti motivasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja. Cara-cara yang telah diterapkan kepala sekolah selama ini (seperti selalu memotivasi guru senantiasa lebih berprestasi lebih maju pemberian kepercayaan dan pengakuan yang penuh terhadap pekerjaan yang dilakukan guru serta memperhatikan kondisi keamanan pekerjaan gaji yang diterima setiap bulan dan kepala sekolah yang bersikap baik dan adil) harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi selain itu kepala sekolah dapat mempertimbangkan untuk memberikan kepercayaan dan tanggung jawab kepada guru untuk mengelola tugasnya secara mandiri sehingga guru merasa tertantang oleh pekerjaan meraka (4) Kondisi kinerja guru di SMA Negeri 5 Malang dikategorikan cukup. Kondisi tersebut akan lebih meningkat apabila kepala sekolah dapat mempertahankan dan bahkan mampu meningkatkan hasil kerja yang telah dicapai kearah yang lebih baik di masa mendatang dengan cara memberikan motivasi (dorongan) yang lebih tinggi kepada semua guru agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan mencapai kinerja yang maksimal serta memperbaiki gaya kepemimpinan kepala sekolah yang sesuai dengan anggotanya sehingga diharapkan jika gaya kepemimpinan kepala sekolah sudah tepat akan mengarah pada kerjasama yang lebih baik dan dapat mewujudkan tujuan sekolah dan (5) Dalam penelitian selanjutnya agar objek yang di ambil lebih baik adalah sekolah se-Malang Raya. Dengan mengambil sampel pada sekolah se- Malang Raya maka akan memiliki keragaman yang lebih tinggi baik karakter maupun demografi pada guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |