Studi kemampuan guru administrasi perkantoran dalam menyusun perangkat pembelajaran mata pelajaran manajemen perkantoran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMK Bisnis dan Manajemen se-kota Malang / M. Afifudin Al-Musyadat - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kemampuan guru administrasi perkantoran dalam menyusun perangkat pembelajaran mata pelajaran manajemen perkantoran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMK Bisnis dan Manajemen se-kota Malang / M. Afifudin Al-Musyadat

Al-Musyadat, M. Afifudin (2009) Studi kemampuan guru administrasi perkantoran dalam menyusun perangkat pembelajaran mata pelajaran manajemen perkantoran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMK Bisnis dan Manajemen se-kota Malang / M. Afifudin Al-Musyadat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah merubah kurikulum. Kurikulum yang berlaku sampai tahun 2004 adalah Kurikulum 1994. Kurikulum ini mengalami penyempurnaan dan hasil penyempurnaan ini adalah Kurikulum 2004 atau juga dikenal dengan sebutan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Ketika KBK ramai dibicarakan dan muncul buku-buku pelajaran yang disusun berdasarkan kurikulum ini muncul KTSP atau Kurikulum 2006 yang merupakan penyempurnaan dari KBK. KTSP mulai diberlakukan secara berangsur-angsur pada tahun ajaran 2006/2007. Perubahan kurikulum menimbulkan banyak permasalahan antara lain belum siapnya guru dalam melaksanakan aturan-aturan dalam kurikulum baru. Untuk mengetahui apakah guru-guru mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Bisnis dan Manajemen se-Kota Malang telah mengimplementasikan KTSP maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini terkait dengan tugas guru yang terdiri dari tiga hal yaitu perencanaan kegiatan pembelajaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan evaluasi yang sesuai dengan KTSP Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Bisnis dan Manajemen se-Kota Malang yang berjumlah 14 guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dokumentasi dan wawancara bebas. Analisa data dilakukan dengan menggunakan perhitungan persentase jawaban responden dan pemberian rangking pada tiap variabelnya. Analisis data dilakukan dengan mendiskripsikan dan disimpulkan sehingga di peroleh informasi tentang kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran mata pelajaran manajemen perkantoran oleh guru administrasi perkantoran di SMK Bisnis dan Manajemen se-Kota Malang yang sesuai denagan KTSP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat perencanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukanoleh guru mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Bisnis dan Manajemen se-Kota Malang adalah 81 10% dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari pembuatan perangkat pembelajaran yang sudah sesuai dengan KTSP. Namun demikian masih ada beberapa guru yang mengalami kesulitan dalam membuat komponennya khususnya alokasi waktu pengalaman belajar dan strategi pembelajaran. Tingkat pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Bisnis dan Manajemen se-Kota Malang adalah 74 44% dengan kualifikasi baik. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan pendekatan pembelajaran metode pembelajaran media dan sarana belajar yang bervariasi serta proses pembelajaran yang sesuai dengan KTSP. Walaupun demikian masih ada guru yang mengalami kesulitan dalam penerapan pendekatan belajar dan metode belajar yang sesuai KTSP karena minimnya sarana pendukung dan keterbatasan waktu. Tingkat Evaluasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Bisnis dan Manajemen se-Kota Malang adalah 75% dengan kualifikasi baik. Hal ini dapat dilihat dari jenis penilaian yang digunakan penyusunan instrumen penilaian sudah mencakup tiga aspek penilaian sesuai dengan KTSP yaitu aspek pengetahuan sikap dan praktek. Namun demikian ada beberapa guru yang masih mengalami kesulitan dalam menyusun instrumen penilaian khususnya membuat kisi-kisi soal pedoman penskorannya serta penentuan indikator yang dinilai. Dari penelitian ini penulis memberikan beberapa catatan sebagai saran yang bisa digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan terhadap penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Untuk guru-guru manajemen perkantoran agar lebih aktif dalam mencari informasi tentang KTSP baik melalui aktif dalam kegiatan MGMP pelatihan maupun mencari informasi melalui buku serta internet supaya mendapatkan tambahan bekal KTSP yang lebih banyak lagi sesering mungkin berlatih menciptakan kreatifitas dalam upaya untuk menggali pengalaman belajar siswa menggunakan pendekatan belajar serta metode pembelajaran yang banyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dapat menciptakan media pembelajaran dan menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya dan melakukan evaluasi program pada akhir tahun sehingga dapat meningkatkan sistem pembelajaran yang diterapkan selama proses berlangsung (2) Untuk pihak sekolah mengusahakan tersedianya sarana dan prasarana sekolah baik dari Depdiknas maupun pihak lain guna melengkapi kebutuhan siswa mengadakan sosialisasi tentang KTSP (3) Untuk Depdiknas sesering mungkin memantau langsung dan melakukan evaluasi terhadap implementasi KTSP dan memberikan bantuan kepada sekolah dengan mengadakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan sekolah terutama kepada sekolah yang baru berdiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28678

Actions (login required)

View Item View Item