Penerapan metode role playing untuk meningkatkan minat dan motivasi peserta didik kelas XI program keahlian administrasi perkantoran pada mata diklat surat menyurat Indonesia di SMK "Ardjuna" 02 Malang / Dian Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode role playing untuk meningkatkan minat dan motivasi peserta didik kelas XI program keahlian administrasi perkantoran pada mata diklat surat menyurat Indonesia di SMK "Ardjuna" 02 Malang / Dian Kusumawati

Kusumawati, Dian (2009) Penerapan metode role playing untuk meningkatkan minat dan motivasi peserta didik kelas XI program keahlian administrasi perkantoran pada mata diklat surat menyurat Indonesia di SMK "Ardjuna" 02 Malang / Dian Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat dan motivasi memegang peranan penting dalam proses pembelajaran karena pada hakekatnya proses pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan untuk dapat membelajarkan peserta didik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil pengamatan di SMK Ardjuna 02 Malang proses pembelajaran yang digunakan pada mata diklat Surat Menyurat Indonesia masih didominasi dengan pembelajaran secara konvensional atau ceramah sehingga hasil dari pembelajarannya belum maksimal peserta didik pada saat pembelajaran terkesan bosan ngantuk dan cenderung diam. Peran peserta didik pada pembelajaran ini hanya sebagai penerima informasi (pasif) dan guru sebagai pemberi informasi. Usaha mengatasi permasalahan tersebut proses pembelajaran pada mata diklat Surat Menyurat Indonesia perlu diciptakan suatu kondisi yang melibatkan peran aktif dari peserta didik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan metode bermain peran (role playing) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Melalui kegiatan bermain peran peserta didik mencoba mengekspresikan hubungan-hubungan antara manusia dengan cara memperagakannya bekerjasama dan mendiskusikannya sehingga secara bersama-sama peserta didik dapat mengeksplorasi perasaan sikap nilai dan berbagai strategi pemahaman masalah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada Siklus I dan II sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan metode role playing. Dalam penerapan metode role playing terdapat tujuh tahap yaitu menghangatkan suasana dan memotivasi peserta didik memilih peran dalam pembelajaran menyusun tahap-tahap peran menyiapkan pengamat tahap pemeranan diskusi dan evaluasi pembelajaran serta membagi pengalaman dan pengambilan kesimpulan. Mata diklat yang digunakan pada penelitian ini adalah Surat Menyurat Indonesia kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran tahun pelajaran 2007/2008 yaitu terfokus pada kompetensi dasar Menangani Surat Masuk dan Keluar . Untuk mengetahui ketepatan guru dalam menerapkan pembelajaran metode role playing maka dilakukan pengamatan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dalam pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan minat dan motivasi belajar peserta didik digunakan angket. Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik ditinjau dari aspek kognitif melalui perhitungan nilai pre-test dan post-test Siklus I dan Siklus II serta aspek afektif dan aspek psikomotorik yang dilakukan melalui lembar pengamatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menggunakan metode role playing. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Ardjuna 02 Malang yang berlokasi di jalan Teluk Pelabuhan Ratu No. 41 Malang pada tanggal 9 April 2008 sampai 20 Mei 2008. Peserta didik yang menjadi subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran pada SMK Ardjuna 02 Malang tahun pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 28 peserta didik. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes angket dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan metode role playing dapat dilaksanakan dengan baik 2) kerjasama peserta didik dalam pembelajaran ini juga berlangsung dengan baik dimana peserta didik tidak membandingkan kemampuan akademik latar belakang sosial maupun jenis kelamin tetapi lebih didorong oleh rasa tanggung jawab mereka dalam menyelesaikan tugas 3) minat peserta didik pada mata diklat Surat Menyurat Indonesia mengalami peningkatan persentase nilai tertinggi pada Siklus I diperoleh 88 3% sedangkan pada Siklus II sebesar 95%. Persentase nilai terendah pada Siklus I sebesar 81 67% pada Siklus II persentase nilai terendah sebesar 88 3% 4) motivasi belajar peserta didik pada mata diklat Surat Menyurat Indonesia mengalami peningkatan dari 28 peserta didik yang mengisi angket hanya tiga peserta didik yang mengalami penurunan. Persentase nilai tertinggi pada Siklus I diperoleh 89% sedangkan pada Siklus II sebesar 96%. Persentase nilai terendah pada Siklus I sebesar 80% pada Siklus II persentase nilai terendah sebesar 81% dan 5) hasil belajar aspek kognitif pada Siklus I mengalami peningkatan sebesar 17 89% sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan sebesar 18 93% aspek afektif mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 3 41% serta aspek psikomotorik mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 3 33%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat digunakan sebagai salah satu metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik pada mata diklat Surat Menyurat Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan sebagai berikut (1) Metode role playing sangat bermanfaat bagi peserta didik karena metode tersebut telah terbukti dapat meningkatkan minat motivasi belajar serta hasil belajar peserta didik sehingga bagi guru mata diklat Surat Menyurat Indonesia dan guru mata diklat lainnya dapat menggunakan metode ini pada pokok bahasan yang memiliki kaitan secara langsung dengan lingkungan dan kehidupan sehari-hari (2) Guru hendaknya lebih membangkitkan minat dan motivasi peserta didik untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran karena minat dan motivasi belajar peserta didik yang tinggi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik (3) Bagi peneliti berikutnya penelitian ini dapat dikembangkan untuk materi selain yang ada pada mata diklat Surat Menyurat Indonesia dan dapat dikembangkan untuk sekolah-sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28677

Actions (login required)

View Item View Item