Pengaruh model socio-biological case based learning berbasis literasi sains terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi sistem sirkulasi manusia di sma islam al-maarif singosari, malang / Muhammad Ahva Mushlich - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model socio-biological case based learning berbasis literasi sains terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi sistem sirkulasi manusia di sma islam al-maarif singosari, malang / Muhammad Ahva Mushlich

Mushlich, Muhammad Ahva Mushlich (2023) Pengaruh model socio-biological case based learning berbasis literasi sains terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi sistem sirkulasi manusia di sma islam al-maarif singosari, malang / Muhammad Ahva Mushlich. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meninjau pengaruh model Socio-Biological Case Based Learning terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi-experimental design) dengan bentuk non-equivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMA Islam Al Maarif Singosari materi sistem sirkulasi manusia kelas XI IPA yang terbagi menjadi 1) Kelompok Kontrol Negatif dengan diterapkan pembelajaran konvensional 2) Kelompok Kontrol Positif dengan diterapkan model Soc-Bio CBL dan 3) Kelompok Eksperimen dengan model Soc-Bio CBL berbasis Literasi Sains. Data keterampilan pemecahan masalah siswa dikumpulkan melalui pretest dan posttest serta diuji menggunakan Uji ANCOVA. Berdasarkan Uji ANCOVA nilai p dari model menunjukkan skor sebesar 0 00 atau p lt 0 05 sehingga model berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa dengan kategori efek ldquo besar rdquo yang ditunjukkan oleh partial eta squared (h2) sebesar 0 580 yang menunjukkan adanya perbedaan keterampilan pemecahan masalah antara ketiga kelompok penelitian yakni Kelompok Kontrol Negatif mengalami penurunan skor sebesar 0 88% sedangkan Kelompok Kontrol Negatif mengalami peningkatan sebesar 42 36% dan Kelompok Eksperimen mengalami peningkatan sebesar 79 20%. Kesimpulan dari penelitian bahwa model Soc-Bio CBL dan model Soc-Bio CBL berbasis Literasi Sains memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286765

Actions (login required)

View Item View Item