Christanti, Shinta (2009) Implementasi pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi siswa kelas X APK 2 SMK Negeri I Turen / Shinta Christanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Christanti S. 2008. Implementasi Pembelajaran kooperatif Model Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi Siswa Kelas X APK 2 SMK Negeri I Turen. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Supriyanto M.M (2) Imam Bukhori S.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Motivasi Hasil Belajar Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah pada proses pembelajaran yang lebih menekankan pada kemampuan penalaran siswa. Think Pair Share merupakan pendekatan yang mengacu pada pembelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prmbelajaran model TPS dan tingkat motivasi serta hasil belajar siswa mata pelajaran mengaplikasikan keterampilan dasar komuniukasi di SMK Negeri I Turen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis tindakan kelas PTK yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dan Siklus II di tempuh selama empat pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan siklus II berupa penerapan pembelajaran kooperatif model TPS. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah bekerja dalam satu tim. Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model TPS adalah sebagai berikut (1) penerapan pembelajaran kooperatif model TPS dilihat dari motivasi siswa mengalami peningkatan dari 52 5% menjadi 72 625% hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 20 12% (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah penerapan TPS dari 74.05 menjadi 87 5. (3) hasil belajar siswa dinilai berdasarkan post tes. Kelemahan dari pembelajaran TPS ini adalah banyak siswa yang kurang memahami metode ini sehingga mereka kesulitanm untuk menguasai matri dan waktu yang diperlukan untuk metode ini relatif lama. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti mengajukan saran (1) bagi guru mata diklat mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi dianjurkan menggunakan pembelajaran kooperatif model TPS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar di kelas (2) Untuk peneliti berikutnya hendaknya dapat menerapkan motode TPS ini pada mata diklat lain (3) Sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana seperti laboratorium yang memadai (4) guru hendaknya dapat memotivasi siswa untuk belajar terlebih dahulu sebelum materi disampaikan oleh guru (5) dengan adanya pembelajaran dengan metode TPS ini diharapkan siswa akan lebih aktif dan dapat berpikir secara mandiri dan berkelompok.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28675 |
Actions (login required)
View Item |