Pengaruh tingkat keterlibatan orang tua dalam pembelajaran dan minat membaca terhadap prestasi belajar siswa (Siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri) / Yunita Ariani

Ariani, Yunita (2009) Pengaruh tingkat keterlibatan orang tua dalam pembelajaran dan minat membaca terhadap prestasi belajar siswa (Siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri) / Yunita Ariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Secara umum pendidikan secara nasional menghadapi berbagai permasalahan. Salah satu penyebab timbulnya masalah adalah dalam diri siswa-siswi sendiri. Masalah yang timbul dari luar diri siswa salah satunya adalah dari keluarga siswa atau dari orang tua siswa, yaitu kurangnya keterlibatan dan perhatian belajar dari orang tua. Selain itu, masalah lain yang timbul dari dalam diri siswa salah satunya adalah rendahnya minat membaca. Pada umumnya siswa malas dan tidak bergairah untuk membaca, lebih lagi membaca buku pelajaran sekolah. Penilaian prestasi belajar terhadap siswa sangat penting karena dapat diketahui sejauh mana taraf pengetahuan siswa yang dicapai selama mengikuti proses kegiatan belajar. Dalam penelitian ini, prestasi belajar yang dimaksud adalah hasil belajar siswa yang diambil dari nilai raport siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh tingkat keterlibatan orang tua dalam pembelajaran dan minat membaca terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan administrasi perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran Ajaran 2008/2009 SMK Negeri 2 Kediri, yang berjumlah 75 siswa yang kemudian diambil sampelnya sebanyak 43 siswa. Dalam pengumpulan data, menggunakan kuisioner atau angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan datanya, peneliti menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis regresi linier berganda.s Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) sebagian besar responden berpendapat bahwa sering terlibat dalam pembelajaran dengan presentase 60,5%. (2) jarang melakukan aktivitas membaca dengan presentase 48,8% (3) memiliki prestasi belajar yang cukup dengan presentase 90,7%. Hasil analisis regresi linear berganda juga dapat diketahui variabel tingkat keterlibatan orang tua dalam pembelajaran dan minat membaca (X1,X2) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap varibel prestasi belajar siswa (Y). Hal ini dibuktikan dengan Sig F sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai Fhitung sebesar 18,654, nilai koefisien regresi (Multiple R) yang dimiliki adalah 0,693 dan nilai koefisien determinasi R Square yang disesuaikan adalah sebesar 0,480. Disimpulkan bahwa variabel keterlibatan orang tua dalam pembelajaran secara signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan variabel minat membaca berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada siswa agar lebih meningkatkan minat membacanya. Minat membaca ini dapat ditingkatkan dengan memperbanyak membaca buku, mencari dan membaca artikel, mengatur waktu membaca, dan dengan menyediakan waktu khusus untuk membaca buku pelajaran atau sesering mungkin membaca buku untuk lebih memahami materi pelajaran. Dan bagi guru hendaknya sering memberikan tugas latihan kepada siswa dan bagi orang tua hendaknya memberi perhatian khusus dalam pembelajaran dan bimbingan misalnya sering mendampingi anaknya dalam belajar, sering menanyakan kesulitan belajar pada anak dan ikut membantu anak dalam menyelesaikan kesulitan belajarnya. Sedangkan bagi peneliti lain hendaknya lebih mengembangkan lagi penelitian ini dengan mengambil jumlah populasi yang lebih besar dan mengubah variabel X dengan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28673

Actions (login required)

View Item View Item