Pengaruh kebiasaan belajar dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Istiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Istiawati

Istiawati (2009) Pengaruh kebiasaan belajar dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Istiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar adalah dorongan yang timbul dari diri seseorang untuk melakukan suatu perbuatan dengan tujuan tertentu yaitu belajar Terdapat dua faktor (internal dan eksternal) yang mempengaruhi motivasi belajar. Faktor internal yang digunakan dalam studi ini adalah kebiasaan belajar sedangkan faktor eksternalnya adalah bimbingan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebiasaan belajar bimbingan orang tua dan motivasi belajar siswa Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang. Serta untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan kebiasaan belajar dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 122 responden dalam pengambilan sampel digunakan teknik quota sampling dengan mengambil 55 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan regresi linier berganda yaitu untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar (X1) dan bimbingan orang tua (X2) terhadap motivasi belajar (Y) baik secara parsial maupun simultan dengan menggunakan program SPSS 11.5 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Kebiasaan belajar siswa Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang cukup baik dengan prosentase 54 55% (30 responden). (2) Bimbingan orang tua siswa Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang menunjukkan kecenderungan yang kurang baik dengan prosentase 54 54% (30 responden). (3) Motivasi belajar siswa Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang menunjukkan kecenderungan kurang baik dengan prosentase 80% (40 responden). (4) Kebiasaan belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan thitung 2 304 ttabel 2 00 atau Sig-t 0 025 0 05. (5) Bimbingan orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan thitung 4 086 ttabel 2 00 atau Sig-t 0 000 0 05. (6) Kebiasaan belajar dan bimbingan orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan Fhitung 13 038 Ftabel 3 17 atau Sig-F 0 000 0 05. Dari hasil penelitian dapat diberikan saran bahwa (1) Bagi pihak Muhammadiyah 2 Malang yaitu optimalisasi pembelajaran dengan berorientasi pada praktek agar siswa tidak hanya menerima teori melainkan dapat melakukan aktivitas pekerjaan dalam situasi yang sebenarnya. (2) Bagi orang tua diharapkan lebih memberikan bimbingan saat belajar dan lebih memperhatikan perkembangan pendidikan sang anak dalam membimbing serta membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi anak dalam kegiatan belajar secara berkelanjutan misalnya menyediakan fasilitas belajar yang memadai mengambil kesempatan disela-sela waktu istirahat bekerja dan memanfaatkannya untuk melakukan bimbingan dan mengingatkan untuk belajar mendampingi serta membantunya bila mengalami kesulitan agar tercapai tujuan belajar. Menghargai prestasi anak dengan memberikan pujian dan hadiah serta pemilihan konsekuensi atau hukuman dengan hati-hati sehingga anak akan merasa percaya diri dan termotivasi untuk belajar. (3) Bagi peneliti lain yaitu penelitian berikutnya sebaiknya menambahkan variasi dengan menambahkan variabel yang lain yang belum tercantum dalam penelitian ini misalnya lingkungan belajar fasilitas belajar tingkat intelegensi dan keadaan sosial ekonomi orang tua. Serta penelitian dilakukan di tempat yang berbeda dengan menggunakan metode analisis yang berbeda untuk mengetahui apakah hasil yang diperoleh tetap konsisten.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item View Item