Aditya, Arie (2009) Pemanfaatan komputer multimedia beserta hambatan-hambatan yang di timbulkan pada mata diklat menghasilkan dokumen sederhana (Studi pada siswa kasus XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen) / Arie Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penggunaan komputer sangatlah penting dalam dunia usaha. Penerapan dan penggunaan teknologi komputer juga di transformasikan ke dalam dunia pendidikan yang diharapkan menghasilkan keluaran atau output yang siap bersaing dan mengisi suatu pekerjaan di bidang usaha maupun kantor. Diharapkan keluaran dari lembaga pendidikan khususnya SMK tersebut mempunyai dan dibekali pengetahuan serta ketrampilan dibidang yang ditekuninya masing masing. Sehingga nantinya siswa yang dihasilkan dari SMK ini dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab di tempat kerjanya dengan penuh semangat dan tidak mengalami kendala. Penggunaan media pembelajaran khususnya dengan menggunakan komputer memberikan daya tarik tersendiri dalam proses pembelajaran di kelas. Suasana di kelas berbeda dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media pembelajaran. Rasa keingintahuan siswa menjadi lebih meningkat dengan penggunaan media pembelajaran komputer multimedia yang diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas oleh guru mata diklat menghasilkan dokumen sederhana. Selain menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru penggunaan komputer multimedia bagi siswa juga merasa terhibur dengan fitur fitur yang menjadi komponen di dalam komputer multimedia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan dan hambatan yang ditimbulkan dalam penggunaan komputer multimedia dalam proses kegiatan belajar mengajar pada mata diklat menghasilkan dokumen sederhana ( MDS ). Laboratorium kelas Apk di SMK Negeri 1 Turen merupakan sebagai tempat untuk pembelajaran menggunakan komputer multimedia pada mata diklat menghasilkan dokumen sederhana.. Kegiatan belajar mengajar dilakukan di labotorium Apk tersebut. Untuk mengetahui aplikasi penggunaan komputer multimedia sebagai akibat dalam proses pembelajaran pada mata diklat menghasilkan dokumen sederhana penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana pemanfaatan media komputer dalam menunjang proses pembelajaran bagi siswa (2) Bagaimana interaksi Guru dan Siswa di kelas dalam pemakaian media komputer dalam menunjang proses pembelajaran (3) Bagaimana kesulitan atau hambatan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media komputer (4) Bagaimana usaha usaha atau solusi yang ditempuh dalam mengatasi kesulitan atau hambatan hambatan dalam proses pembelajaran menggunakan media komputer . Untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilaksanakan di SMK Negeri 1 Turen program studi adiministrasi perkantoran dalam mata diklat menghasilkan dokumen sederhana. Penelitian ini dilakukan di 2 ( dua ) kelas Apk yang terdapat di SMK Negeri 1 Turen yaitu kelas XI Apk 1 dan XI Apk 2. metode yang digunakan adalah metode observasi wawancara dan dokumentasi. Selain itu untuk melengkapi data pada penelitian ini juga menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Hasil penelitian yang dilakukan di kelas XI Apk ditemukan dari data angket bahwa 1) pemanfaatan komputer multimedia dalam mata diklat menghasilkan dokumen sederhana ini yang diteliti mengenai dua aspek yang dianggap penting yaitu a) pemanfaatan komputer dilihat dari dampak psikologi yang ditimbulkan bahwa sebagian besar siswa 67 47 % setuju mengatakan bahwa secara psikologi penggunaan komputer bagi siswa memberikan semangat dan menyenangkan atau tidak membosankan dalam proses pembelajaran MDS serta dapat menimbulkan daya tarik dan motivasi belajar pada diri siswa. Sedangakan aspek yang kedua adalah mengenai dampak secara langsung yang ditimbulkan dalam penggunaan komputer multimedia saat kegiatan belajar mengajar berlangsung adalah b) sebagian besar siswa 73 49 % setuju mengatakan bahwa secara langsung manfaat penggunaan komputer memungkinkan siswa belajar mandiri dan kreatif memberikan kemudahan pemahaman materi pelajaran menyelesaikan tugas tugas dengan cepat dan dapat di aplikasikan pada kegiatan sehari hari pada khususnya. (2) sebagian besar siswa 69 88 % setuju mengatakan bahwa guru merupakan prioritas bertanya jika siswa mengalami kesulitan dalam penggunaan komputer dan siswa menyukai materi praktek yang diberikan guru dari pada pemberian teori. (3) sebagian besar siswa 74 70 % setuju mengatakan bahwa secara langsung proses pembelajaran sedikit terganggu dengan adanya salah satu komputer mengalami kerusakan pembagian waktu yang tidak proposional menyebabkan kurang ketrampilan yang dimilki siswa tersebut. (4) Hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan secara garis besar usaha yang dilakukan oleh guru mata diklat untuk menciptakan keberhasilan siswa siswanya dan menyelesaikan masalah yang paling utama yaitu 1) guru mata diklat memberikan kesempatan dan mempersilahkan siswa siswa yang kurang mengerti materi yang di ajarkan menanyakan langsung kepada guru pengajar 2 ) di sekolah juga telah disediakan ahli komputer untuk menangani jika ada komputer yang rusak maupun yang heng atau restart sendiri 3) guru memberikan buku pegangan mengenai materi pembelajaran menghasilkan dokumen sederhana ( MDS ) kepada masing masing siswa agar siswa tersebut dapat memahami materi yang akan diajarkan 4) siswa mendapatkan penjelasan materi yang sama untuk keseragaman memperoleh kemampuan menyelesiakan tugas yang diberikan oleh guru. Saran yang diperkirakan dapat meningkatkan pemanfaatan media komputer dalam kegiatan belajar mengajar. Saran yang diajukan tersebut adalah (1) Kepala sekolah diharapkan untuk dapat memberikan fasilitas sarana dan prasaranan komputer yang baik dan memperbaiki komputer yang mengalami kerusakan secara berkala sehingga siswa dapat belajar secara optimal yang nantinya pembelajaran yang diinginkan dapat turwujud (2) bagi guru pemberian materi sangatlah penting sebagai pemahaman siswa sebelum mengerjakan tugas tugas yang akan diberikan (3) Siswa diharapkan mengikuti kegiatan belajar mengajar dalam mata diklat menghasilkan dokumen sederhana ( MDS ) secara serius sehingga nantinya siswa mengerti dan memahami serta mampu menerapkan materi yang diajarkan (4) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan hasil penelitian ini secara lebih rinci dan dapat meneliti data data yang sekiranya belum diteliti dalam penelitian ini sehingga memperoleh data data yang lebih lengkap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |