Meta-analisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kompetensi abad 21 dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi jenjang SMP dan SMA / Mirawati&nbsp;</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Meta-analisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kompetensi abad 21 dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi jenjang SMP dan SMA / Mirawati&nbsp;</p>

Mirawati (2022) Meta-analisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kompetensi abad 21 dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi jenjang SMP dan SMA / Mirawati&nbsp;</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pendidik dalam meningkatkan kompetensi abad 21 dan hasil belajar siswa yaitu dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi membantu siswa dalam menggali pengetahuan dan membimbing siswa untuk meningkatkan kemampuan 4C siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran PBL dalam meningkatkan kompetensi abad 21 dan hasil belajar biologi siswa jenjang SMP dan SMA. Proses Meta-analisis dilakukan sebagai berikut 1) artikel memiliki data kuantitatif yang memenuhi data statistik effect size 2) artikel terpublikasi sepuluh tahun terakhir yaitu 2010-2020 3) mengarah pada tema penelitian yaitu pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kompetensi abad 21 siswa dalam pembelajaran biologi 4) sampel jenjang pendidikan pada artikel dilakukan pada jenjang SMP dan SMA 5) data hasil penelitian berupa nilai thitung derajat kebebasan (db) serta nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan mencari artikel yang sudah dipublikasikan pada jurnal online yaitu melalui Google Scholar. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari jurnal nasional. Artikel yang dianalisis dalam penelitian ini berjumlah 29 artikel dari 180 yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap kompetensi abad 21 dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi dengan effect size 0 48 dalam kategori efek sedang dengan simpangan baku sebesar 0 34.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286656

Actions (login required)

View Item View Item