Penerapan model pembelajaran assesment portfolio pada mata diklat menghasilkan dokumen sederhana untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang / Triesninda Pahlevi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran assesment portfolio pada mata diklat menghasilkan dokumen sederhana untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang / Triesninda Pahlevi

Pahlevi, Triesninda (2009) Penerapan model pembelajaran assesment portfolio pada mata diklat menghasilkan dokumen sederhana untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang / Triesninda Pahlevi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pahlevi Triesninda. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Assesment Portfolio pada Mata Diklat Menghasilkan Dokumen Sederhana untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Gatot Isnani M.Si (2) Drs. I. Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci Model pembelajaran assesment portfolio Prestasi belajar Perubahan di era Reformasi yang menuntut manusia untuk lebih maju dalam berbagai bidang terutama ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Dewasa ini pemerintah telah melakukan perbaikan mutu pendidikan di Indonesia melalui pembaharuan sistem pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dapat ditempuh dengan berbagai cara antara lain peningkatan kurikulum peningkatan kompetensi guru peningkatan kualitas pembelajaran peningkatan kualitas penilaian hasil belajar siswa serta penyediaan sarana belajar dan bahan ajar yang memadai. Salah satu peningkatan kualitas pendidikan adalah peningkatan kualitas penilaian hasil belajar siswa. Peningkatan kualitas penilaian hasil belajar siswa dapat ditempuh melalui Penilaian Berbasis Kelas (PBK). PBK dilakukan dengan cara mengumpulkan bukti kerja siswa (portofolio) hasil karya (produk) penugasan (proyek) kinerja (performance) dan tes tertulis (paper and pencil test). Model pembelajaran assesment portfolio merupakan evaluasi secara menyeluruh dalam proses pembelajaran dengan mendokumentasikan hasil kerja peserta didik pada suatu file yang sudah ditetapkan oleh guru. Di dalam penerapan model pembelajaran assesment portfolio guru bertindak sebagai fasilitator dan siswa diberikan keleluasaan untuk memilih sumber belajarnya sendiri sesuai dengan landasan untuk menyusun (contructifism) yang terjadi di dalam dunia nyata sehingga siswa memiliki kemampuan mengorganisir informasi yang ditemukan membuat laporan dan menuliskan apa yang ada dalam pikirannya dan selanjutnya dituangkan secara penuh dalam pekerjaan atau tugas-tugasnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) interview (wawancara) catatan lapangan studi dokumenter dan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model alir yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang yang berjumlah 42 siswa. Mata diklat yang digunakan pada penelitian ini adalah Menghasilkan Dokumen Sederhana untuk kelas XI Administrasi Perkantoran semester I tahun pelajaran 2008/2009 yaitu terfokus pada kompetensi dasar Menghasilkan Dokumen Sederhana . Untuk mengetahui aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran assesment portfolio maka dilakukan observasi dengan menggunakan instrumen lembar pengamatan. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ditinjau dari aspek kognitif yang dilakukan perhitungan nilai pre-test dan post-test kedua Siklus serta aspek afektif yang dilakukan melalui lembar pengamatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran assesment portfolio dapat meningkatkan prestasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari keaktifan belajar siswa dalam penilaian portofolio. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata nilai tes setelah tindakan (post-test) pada Siklus II yang meningkat menjadi 81 27 dengan nilai terendah sebesar 60 dan nilai tertinggi sebesar 100. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran setelah tindakan pada Siklus II sebanyak 38 siswa (92 68%) dan tidak tuntas sebanyak 3 siswa (7 32%). Jika dibandingkan dengan rata-rata nilai tes sebelum tindakan (pre-test) pada Siklus II yang hanya mencapai 68 59 dengan nilai terendah sebesar 45 dan nilai tertinggi sebesar 80. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebelum tindakan pada Siklus II hanya sebanyak 17 siswa (43 59%) dan tidak tuntas mencapai 22 siswa (66 41%). Artinya terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar sebelum dan sesudah pemberian tindakan pada Siklus II sebesar 49 09%. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan sebagai berikut (1) Guru harus pandai mengalokasikan waktu yang dipergunakan untuk menghasilkan satu macam dokumen portofolio sehingga alokasi waktu tepat sesuai dengan sasaran. (2) Guru hendaknya memiliki ketekunan kesabaran dan keterampilan karena guru harus bisa mengarahkan siswa dalam menyusun portofolionya sehingga menghasilkan portofolio yang baik dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. (3) Bagi peneliti berikutnya sebaiknya dapat menyusun perencanaan dan persiapan yang lebih matang untuk menerapkan model pembelajaran assesment portfolio sehingga tujuan dalam penerapan model pembelajaran assesment portfolio dapat tercapai. (4) Bagi peneliti berikutnya sebaiknya metode pembelajaran yang dipergunakan tidak hanya metode ceramah tanya jawab dan penugasan. Metode pembelajaran dapat ditambahkan dengan metode yang lain yang lebih menyenangkan agar siswa tidak bosan selama proses belajar mengajar. Misalnya dengan menambahkan metode inquiri sehingga siswa akan lebih aktif dan berani dalam mengemukakan suatu pendapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28665

Actions (login required)

View Item View Item