Penggunaan metode pembelajaran koopeartif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat mengikuti prosedur K 3 (Studi pada siswa kelas X APk 2 SMK Negeri 1 Turen Malang) / Fentiyus Yunanie - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode pembelajaran koopeartif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat mengikuti prosedur K 3 (Studi pada siswa kelas X APk 2 SMK Negeri 1 Turen Malang) / Fentiyus Yunanie

Yunanie, Fentiyus (2009) Penggunaan metode pembelajaran koopeartif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat mengikuti prosedur K 3 (Studi pada siswa kelas X APk 2 SMK Negeri 1 Turen Malang) / Fentiyus Yunanie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan di SMK Negeri 1 Turen Malang diperoleh informasi bahwa pembelajaran Mengikuti Prosedur Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sudah mulai menggunakan variasi bentuk model-model pembelajaran namun dalam pelaksanaannya masih belum maksimal. Hal ini karena model-model pembelajaran yang dilakukan hanya ceramah dan tanya jawab saja. Akan tetapi pada pokok bahasan tertentu terkadang menggunakan diskusi sebatas diskusi model konvensional yang rawan dengan menurunnya aktivitas belajar siswa saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Salah satu model pembelajaran yang dapat memperbaiki proses belajar mengajar di kelas tersebut adalah pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT). Pembelajaran kooperatif model numbered head together adalah strategi pembelajaran dimana para siswa aktif bekerja sama dalam kelompok kecil yang dimulai dengan penomoran pengajuan pertanyaan berpikir bersama dan pemberian jawaban. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) pada mata diklat mengikuti prosedur keamanan keselamatan dan kesehatan kerja sudah berjalan dengan lancar hal ini ditandai dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa Didalam pembelajaran kooperatif harus ada elemen yang terkandung didalam setiap pembelajaran antara lain saling ketergantungan positif interaksi tatap muka pertanggungjawaban individu keterampilan menjalin hubungan antar pribadi (2) tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) secara umum positif yaitu antara lain siswa merasa bahwa metode Numbered Head Together (NHT) menyenangkan dan bisa dijadikan variasi kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton hanya beberapa siswa yang merasa terbebani dengan penerapan pembelajaran ini (4) tanggapan guru terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) cukup positif guru beranggapan bahwa metode tersebut dapat membuat siswa aktif bekerja dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi (5) hasil belajar siswa dilihat dari 3 ranah yaitu ranah kognitif afektif dan psikomotorik. Dalam pelaksanaannya terdapat peningkatan dimana dari siklus I sampai siklus II terjadi kenaikan hal ini dapat dilihat bahwa hampir seluruh nilai siswa telah memenuhi standart kelulusan yang telah ditentukan yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti mengajukan saran (1) Bagi sekolah hasil penelitian diharapkan menjadi pertimbangan dalam upaya perbaikan penerapan strategi pembelajaran di SMK Negeri 1 Turen karena pembelajaran model Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (2) Bagi guru mata diklat Mengikuti Prosedur Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di SMK Negeri 1 Turen Malang dianjurkan menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas belajar serta hasil belajar siswa. Selain itu juga siswa dapat dilatih saling bekerjasama dengan teman melatih rasa percaya diri siswa dan dapat menerima pendapat orang lain. Dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) (3) Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) pada mata diklat lain sebagai salah satu metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar yang valid. Seperti pada mata diklat Humas berkomunikasi melalui telepon dan bekerjasama dengan kolega (4) Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan kreatifitas mereka untuk berfikir lebih maju dan berani mengungkapkan pendapat. Selain itu siswa diharapkan dapat saling bekerjasama dalam suatu kelompok dan berusaha menghargai orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28664

Actions (login required)

View Item View Item