Implementasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang / Ase Sarniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang / Ase Sarniati

Sarniati, Ase (2009) Implementasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang / Ase Sarniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sarniati Ase. 2008. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Adminstrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Hermawan M.Si. M.Bus (II) Drs. Sarbini. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share (TPS) hasil Belajar Penerapan pembelajaran yang bersifat konvensional dengan menggunakan menggunakan metode ceramah secara terus menerus masih banyak diterapkan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang seperti ini lebih banyak di dominasi oleh guru dan jarang melibatkan siswa sehingga mengakibatkan siswa cenderung pasif selama proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran ini kegiatan siswa lebih banyak duduk diam mendengarkan mencatat dan mengerjakan soal sehingga siswa terkesan malas dan jarang berpikir aktif. Kegiatan pembelajaran merupakan salah satu cara guru dalam memberikan ilmu pada siswa secara aktif untuk perlu mendapat perhatian khusus. Salah satu pendekatan pembelajaran yang memperhatikan hal tersebut adalah pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS). Penerapan pembelajaran ini menekankan keaktifan dan kemandirian siswa baik secara fisik maupun mental siswa diberi kesempatan untuk belajar berpikir bertukar pikiran (kerjasama) dan berinteraksi dengan siswa lain (presentasi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS) pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 siklus dilaksanakan pada bulan Nopember-Desember 2008. Dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan melalui empat tahapan yaitu tahap perencanaan tindakan tahap pelaksanaan tindakan tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subyek yang diteliti adalah kelas X Program Keahlian APK I di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang sebanyak 38 Siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber langsung pada subyek yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi wawancara pencatatan lapangan rubrik penilaian tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS) dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Analisis hasil belajar menunjukkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 29 siswa (76 32%) meningkat pada siklus II yaitu siswa yang tuntas belajar sebanyak 30 siswa (78 95%) dan meningkat kembali pada siklus III yaitu siswa yang tuntas belajar sebanyak 32 siswa (86 47). Hasil belajar pada aspek afektif menunjukkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa (73 68%) pada siklus II jumlah siswa yang tuntas cenderung meningkat yaitu sebanyak 34 siswa (89 47%) dan pada siklus III jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat kembali yaitu 37 siswa (97 37%) sedangkan hasil belajar pada aspek psikomotorik menunjukkan hasil dan persentase yang sama pada aspek sebelumnya yaitu pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 29 siswa (76 32%) pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 30 siswa (78 95%) dan meningkat kembali pada siklus III yaitu siswa yang tuntas belajar sebanyak 33 siswa (86 84%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun saran yang dapat diajukan yaitu (1) Pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS) dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa (2) Penerapan pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) hendaknya disesuaikan dengan mata pelajaran dan kondisi siswa (3) Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan menggunakan tindakan kelas lebih dari 3 siklus agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28662

Actions (login required)

View Item View Item