Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat manajemen perkantoran kelas X APK di SMK Ardjuna 01 Malang / Popy Herawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat manajemen perkantoran kelas X APK di SMK Ardjuna 01 Malang / Popy Herawati

Herawati, Popy (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat manajemen perkantoran kelas X APK di SMK Ardjuna 01 Malang / Popy Herawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herawati Popy. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Manajemen Perkantoran Kelas X Apk di SMK Ardjuna 01 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Djoko Dwi K. M.Si (2) Drs. Sarbini. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Hasil Belajar Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah pada proses pembelajaran yang lebih menekankan pada kemampuan penalaran siswa. Numbered Head Together (NHT) merupakan pendekatan yang mengacu pada pembelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dan hasil belajar siswa mata diklat Manajemen Perkantoran di SMK Ardjuna 01 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) pada Mata Diklat Manajemen Perkantoran Kelas X-APK di SMK Ardjuna 01 Malang (2) Untuk mengetahui Tingkat Hasil Belajar siswa pada Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) pada Mata Diklat Manajemen Perkantoran Kelas X-APK di SMK Ardjuna 01 Malang (3) Untuk mengetahui Respon Siswa terhadap Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) pada Mata Diklat Manajemen Perkantoran Kelas X-APK di SMK Ardjuna 01 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya melalui lembar observasi pre-test dan post-test serta angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model NHT adalah sebagai berikut (1)Penerapan pembelajaran kooperatif model NHT pada mata diklat Manajemen Perkantoran sudah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta adanya peningkatan aktivitas belajar (2) Penerapan dari hasil belajar dimana hasil pre-test siklus I nilai rata-rata kelas 42 27 dengan ketuntasan klasikal 13 63% mengalami peningkatan menjadi 64 54 dengan ketuntasan 40 90% pada post-test dan hasil pre-test siklus II nilai rata-rata kelas 70 45 dengan ketuntasan 72 72% meningkat menjadi 79 54 dengan ketuntasan klasikal 90 90% pada post-test . hal ini menerangkan bahwa terjadi peningkatan belajar dari siklus I ke siklus II. Sehingga siswa sudah dapat dinyatakan tuntas dalam belajar. Sedangkan dari aktivitas siswa mengalami peningkatan dimana pada siklus I nilai rata-rata sebesar 69 5 meningkat menjadi 82 26 pada siklus II. (3)Berdasarkan perolehan hasil respon siswa dalam tindakan metode pembelajaran dengan menggunakan model NHT dapat dilihat bahwa siswa senang dengan pemberian respon positif pada pembelajaran ini dan adanya dukungan yang diberikan oleh guru sangat diperlukan baik dengan pendekatan-pendekatan yang intensif dan penghargaan yang diberikan oleh guru kepada siswa baik berupa hadiah maupun pujian. Kelemahan dari pembelajaran NHT pada penelitian ini adalah suasana di kelas menjadi lebih ramai ketika pembagian kelompok dan penomoran bahkan sampai tidak terkontrol. Jadi guru harus bekerja lebih keras untuk mengendalikan keadaan di kelas. Berdasarkan Hasil penelitian maka peneliti mengajukan saran (1) Guru mata diklat Manajemen Perkantoran hendaknya mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan dan hasil belajar siswa (2) Guru sebaiknya memperluas wawasan dan merencanakan kegiatan pembelajaran secara lebih kreatif dan inovatif untuk dapat melaksanakan dan menerapkan metode dan model pembelajaran lainnya sehngga bisa memberikan variasi atau alternatif dalam proses pembelajaran (3) perlu disediakanya media sarana dan prasarana yang memadai disekolah sehingga proses pembelajaran tidak terhambat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28660

Actions (login required)

View Item View Item