Penerapan model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kompetensi bekerjasama dengan kolega dan pelanggan pada siswa kelas X APk 1 di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Lusiana Fransiska - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kompetensi bekerjasama dengan kolega dan pelanggan pada siswa kelas X APk 1 di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Lusiana Fransiska

Fransiska, Lusiana (2009) Penerapan model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kompetensi bekerjasama dengan kolega dan pelanggan pada siswa kelas X APk 1 di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Lusiana Fransiska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fransiska Lusiana. 2009. Penerapan Model Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kompetensi Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan Pada Siswa Kelas X APk1 di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sarbini (2) Imam Bukhori S.Pd. M.M. Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Motivasi Belajar Hasil Belajar Pendidikan selalu mengalami pembaharuan dalam rangka mencari struktur kurikulum sistem pendidikan dan metode pengajaran yang efektif dan efisien. Berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan telah dilakukan oleh pemerintah antara lain dengan jalan melengkapi sarana dan prasarana meningkatkan kualitas tenaga pengajar serta penyempurnaan kurikulum yang menekankan pada pengembangan aspek-aspek yang bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup (Life Skill) yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi siswa untuk bertahan menyesuaikan diri dan berhasil dimasa yang akan datang. Dalam upaya untuk mencapai kompetensi siswa maka dalam kegiatan pembelajaran dikelas guru harus dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang dapat mengarahkan kepada siswa untuk memberikan pengalaman belajar secara langsung adalah metode pembelajaran kooperatif. Group Investigation (GI) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dirancang agar siswa bekerja dalam kelompok untuk memecahkan suatu masalah dan mengembangkan kemampuan meneliti. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) 2) mengetahui motivasi belajar siswa pada kompetensi bekerjasama dengan kolega dan pelanggan setelah metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) diterapkan 3) mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi bekerjasama dengan kolega dan pelanggan setelah metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) diterapkan 4) mengetahui respon siswa dalam pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) pada kompetensi Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran 1 (X APk1) yang berjumlah 36 siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Peneliti bertindak sebagai instrument kunci dan pemberi tindakan. Data penelitian dilakukan melalui 1) observasi 2) wawancara 3) tes 4) angket 5) catatan lapangan 6) dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan hasil analisis data. Pengecekan keabsahan data menggunakan empat kriteria yaitu derajat kepercayaan (credibility) keteralihan (transferability) kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Derajat kepercayaaan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1) katekunan pengamatan 2) triangulasi dan 3) pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) pada kompetensi Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan pada kelas X APk1 di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung telah dilaksanakan dengan baik. 2) Motivasi belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dapat meningkat dari hasil perhitungan penyebaran angket yang diperoleh pada skor tertinggi motivasi siswa dari siklus I sebesar 88 8% meningkat pada siklus II menjadi 91 2% meningkat sebesar 2 4%. Sedangkan pada skor terendah motivasi siswa dari sikus I sebesar 72 8% meningkat pada siklus II menjadi 77 6% meningkat sebesar 4 8%. 3) Hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) diukur dengan menggunakan ranah kognitif ranah afektif dan ranah psikomotorik. Pada ranah kognitif hasil rata-rata nilai pre test siklus I 57 55% dan post test siklus I 82 03% meningkat sebesar 24 48%. Sedangkan hasil rata-rata nilai pre test siklus II 49 26% dan post test siklus II 84 82% meningkat sebesar 35 56%. Pada ranah afektif nilai rata-rata ranah afektif siklus I 70 84% sedangkan siklus II 78 64% dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 7 8%. Pada ranah psikomotorik nilai rata-rata ranah psikomotorik siklus I 73 66% sedangkan siklus II 83 5% dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 9 84%. 4) Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) pada kompetensi Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan adalah sangat positif. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kompetensi Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan siswa kelas X APk1 SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) Bagi sekolah diharapkan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pembelajaran selanjutnya dan untuk untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. 2)Bagi guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) sebagai salah satu alternatif model pembelajaran Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Selain itu guru hendaknya pandai menggunakan waktu dalam pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) karena model pembelajaran ini membutuhkan waktu yang cukup lama. 3)Bagi siswa pada saat metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) diterapkan perlu meningkatkan keberanian mengajukan pertanyaan dan berpendapat mengenai materi yang diajarkan dengan baik dan benar. 4)Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28659

Actions (login required)

View Item View Item