Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata diklat bekerjasama dengan kolega pelanggan pada kelas X APK di SMK Wighneswara Wlingi Blitar / Anita Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata diklat bekerjasama dengan kolega pelanggan pada kelas X APK di SMK Wighneswara Wlingi Blitar / Anita Rahmawati

Rahmawati, Anita (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata diklat bekerjasama dengan kolega pelanggan pada kelas X APK di SMK Wighneswara Wlingi Blitar / Anita Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah pada proses pembelajaran yang lebih menekankan pada kemampuan penalaran siswa. Think Pair Share (TPS) merupakan pendekatan yang mengacu pada pembelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dan tingkat motivasi serta hasil belajar siswa mata diklat bekerjasama dengan kolega pelanggan di SMK Wighneswara Wlingi Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dan Siklus II di tempuh selama dua kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan siklus II berupa penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS). Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) adalah sebagai berikut (1) penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dilihat dari aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 8 75 yaitu dari 78 menjadi 86 75 dengan kategori baik (2) Motivasi belajar siswa dibagi dalam dua sumber yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik (3) hasil belajar siswa dinilai berdasarkan hasil tes tulis yang mengalami peningkatan rata-rata kelas sebesar 8 75 yaitu dari 71 25 menjadi 80 dan daya serap klasikal meningkat sebesar 25 yaitu dari 65 menjadi 90. Adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh peran guru atau peneliti di dalam kelas saat menerapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS). Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar sehingga dapat digunakan sebagai variasi model pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti mengajukan saran (1) bagi guru mata diklat dapat menjadikan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar di kelas (2) sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar mengajar (3) bagi peneliti berikutnya hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) ini pada mata diklat lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28658

Actions (login required)

View Item View Item