Analisis pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar siswa program keahlian administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Singosari tahun pelajaran 2008/2009) / Anin Ayudiyah Martasanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar siswa program keahlian administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Singosari tahun pelajaran 2008/2009) / Anin Ayudiyah Martasanti

Martasanti, Anin Ayudiyah (2009) Analisis pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar siswa program keahlian administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Singosari tahun pelajaran 2008/2009) / Anin Ayudiyah Martasanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Menurut pengertian secara psikologis belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Perubahan yang diperoleh siswa bisa dalam bentuk pengalaman baru kecakapan sikap kebiasaan kepandaian dan prestasi belajar. Namun demikian untuk mendapatkan hasil belajar dalam bentuk prestasi tergantung pada beberapa faktor bisa faktor internal (faktor di dalam diri siswa itu sendiri) dan faktor eksternal (faktor di luar diri individu). Penilaian terhadap hasil belajar seorang siswa untuk mengetahui sejauh mana ia telah mencapai sasaran belajar inilah yang disebut sebagai prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran sebanyak 63 orang siswa dan diambil seluruhnya sebagai subjek penelitian. Analisis hasil penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Instrumen penelitian adalah angket tertutup dengan menggunakan skala Likert 5 alternatif jawaban. Pernyataan dan pertanyaan dijabarkan dalam angket sebanyak 71 item mewakili setiap sub variabel bebas faktor internal (faktor jasmani faktor psikologis dan faktor kelelahan) dan faktor eksternal (faktor lingkungan faktor keluarga faktor sekolah dan faktor masyarakat) yang kemudian disebarkan kepada siswa. Data primer yang diperoleh kemudian diuji dengan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 14.0 for Windows. Adapun hasil analisis data adalah (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor internal terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan signifikansi t (0 000) ttabel (2 000). Hasil perhitungan Sumbangan Efektif variabel faktor internal (X1) terhadap prestasi belajar (Y) siswa sebesar 66 09% (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor eksternal terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan signifikansi t (0 007)ttabel (2 000). Hasil perhitungan Sumbangan Efektif variabel faktor eksternal (X2) terhadap prestasi belajar (Y) siswa sebesar 11 54% (3) secara simultan terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor internal (X1) dan faktor eksternal (X2) terhadap prestasi belajar (Y) siswa. Hal ini dibuktikan dengan signifikansi F (0 000) F tabel (3 150). Dari hasil analisis regresi juga diperoleh nilai R 0 881 ini menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan antara variabel faktor internal (X1) dan faktor eksternal (X2) dengan prestasi belajar (Y) adalah sangat kuat. Niai R Square menunjukkan koefisien determinasi sebesar 0 776 hal ini berarti bahwa 77 6% perubahan variabel Y disebabkan oleh perubahan variabel faktor internal (X1) dan faktor eksternal (X2) sedangkan sisanya 22 4% prestasi belajar siswa disebabkan oleh faktor lain di luar variabel faktor internal (X1) dan faktor eksternal (X2) pada penelitian ini. Namun berdasarkan pengamatan peneliti dan informasi dari beberapa guru peneliti menyimpulkan faktor lain tersebut adalah hasrat (keinginan) belajar siswa dan dukungan orang tua. Kesimpulan yang ditarik dari penelitian ini antara lain (1) berdasarkan analisis statistik deskriptif dapat diketahui bahwa kondisi faktor internal (X1) adalah cukup bervariasi. (2) berdasarkan analisis statistik deskriptif dapat diketahui bahwa kondisi faktor eksternal (X2) adalah cenderung tidak bervariasi (3) berdasarkan analisis statistik deskriptif dapat diketahui bahwa sebagian besar responden memperoleh nilai dengan predikat lulus baik dan prestasi belajarnya tergolong tinggi (4) secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor internal terhadap prestasi belajar siswa (5) secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor eksternal terhadap prestasi belajar siswa (6) secara simultan terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar siswa (7) variabel yang lebih dominan mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor internal. Dalam penelitian ini saran yang dapat diberikan peneliti yakni (1) SMK Muhammadiyah 3 Singosari sebaiknya senantiasa mempertahankan dan meningkatkan kondisi lingkungan sekolah secara optimal meningkatkan pemenuhan sarana dan prasarana belajar serta membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan upaya peningkatan prestasi belajar siswa (2) guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi agar dapat memotivasi dan meningkatkan minat belajar siswa serta menghindari kejenuhan belajar siswa di kelas (3) orang tua senantiasa memperhatikan anaknya khususnya dalam hal pengawasan perilaku dan pemenuhan kebutuhan belajarnya memotivasi anak menjalin komunikasi yang baik dengan anak serta memberikan kasih sayang yang cukup (4) Siswa sebaiknya lebih giat dalam meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi pelajaran tidak mudah menyerah atau putus asa jika menghadapi kesulitan serta selalu menjaga kondisi kesehatan jasmani dan rohani (5) bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji permasalahan serupa sebaiknya menambah variabel yang akan diteliti mengingat masih terdapat variabel lain di luar faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28656

Actions (login required)

View Item View Item