Penerapan model pembelajaran inovatif (Innovatif Learning) metode talking stick untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemandirian belajar mata pelajaran manajemen perkantoran pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang / Moch. Ilwan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inovatif (Innovatif Learning) metode talking stick untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemandirian belajar mata pelajaran manajemen perkantoran pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang / Moch. Ilwan

Ilwan, Moch. (2010) Penerapan model pembelajaran inovatif (Innovatif Learning) metode talking stick untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemandirian belajar mata pelajaran manajemen perkantoran pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang / Moch. Ilwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilwan Moch. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Inovatif (Innovatif- Learning) Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Mata Pelajaran Manajemen Perkantoran Pada Siswa Kelas X APK SMK PGRI 6 Malang . Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sarbini (2) Imam Bukhori S.Pd. M.M. Kata Kunci Metode Talking Stick Aktivitas Belajar Siswa Kemandirian Belajar Siswa Rendahnya aktivitas belajar dan kemandirian belajar siswa harus dapat disikapi dengan serius sehingga berbagai upaya kearah perbaikan terhadap strategi metode serta teknik pembelajaran terus dilakukan. Dengan pembelajaran inovatif metode Talking Stick diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan kemandirian belajar siswa karena dengan penelitian ini siswa dapat belajar sambil bermain sehingga mereka tidak merasa bosan dan jenuh akan tetapi mereka dapat merasakan proses pembelajaran yang menyenangkan (Learning Is- Fun). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Inovatif (Innovatif Learning) Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Mata Pelajaran Manajemen Perkantoran Pada Siswa Kelas X APK SMK PGRI 6 Malang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemandirian belajar siswa setelah menerapkan proses pembelajaran inovatif metode Talking Stick. Aktivitas belajar merupakan aktivitas yang bersifat fisik/jasmani maupun mental/rohani. Aktivitas belajar dialami oleh siswa sebagai proses yakni proses belajar tentang sesuatu. Karena itu suatu aktivitas akan mengakibatkan adanya suatu perubahan tingkah laku pada individu yang bersangkutan sebagai hasil dari proses belajar. Hal ini sama halnya dengan prinsip dari belajar serta pengalaman yang dimaksudkan yaitu pengalaman yang didapat oleh seorang siswa selama proses belajar. Pemikiran dasar yang melandasi konsep dasar belajar mandiri adalah keinginan seseorang untuk belajar dalam usaha untuk mancapai tujuan yang lebih baik. Hasil yang akan diperoleh dapat menjadi faktor pendorong atau menjadi faktor yang akan menghambat seseorang untuk belajar lagi. Pernyataan tersebut menyatakan bahwa kegiatan belajar merupakan kegiatan yang dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Bila ada motivasi yang cukup untuk melakukannya seseorang akan merasa senang apabila setelah mengalami proses belajar mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dikelas X APK SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 40 orang siswa dengan pokok bahasan Manajemen dan fungsi-fungsi manajemen. Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran Manajemen Perkantoran yang banyak terpusat pada guru. Dengan Proses pembelajaran inovatif metode Talking Stick diharapkan menjadi suatu proses pembelajaran yang terpusat pada siswa sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yakni siklus I i 6 dilakukan selama tiga pertemuan dimana masing-masing pertemuan selama dua jam pelajaran sedangkan pada siklus II dilakukan selama dua pertemuan. Dari hasil penelitian yang dilakukan ternyata metode Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemandirian belajar siswa khususnya pada mata pelajaran manajemen perkantoran. Pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan rata-rata sebesar 49.58% dengan kategori Cukup Baik dari aspek yang diamati yakni aspek keaktifan siswa rata-rata sebesar 39.16% aspek partisipasi siswa rata-rata sebesar 71.25% dan aspek kepatuhan siswa dalam mengerjakan tugas rata-rata sebesar 38.33%. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yakni sebesar 80.68% dengan kategori Sangat Baik dari aspek yang diamati sama yakni aspek keaktifan siswa rata-rata sebesar 66.25% aspek partisipasi siswa rata-rata sebesar 97.5% dan aspek kepatuhan siswa dalam mengerjakan tugas rata-rata sebesar 78.3%. Sedangkan untuk kemandirian belajar siswa pada siklus satu yakni dengan skor rata-rata 3.15 dengan kategori Baik dan pada siklus II mengalami peningkatan yakni sebesar 4.6 dengan kategori Sangat Baik . Kesimpulan yang dapat diperoleh dari Penggunaan model pembelajaran inovatif (Innovatif Learning) metode Talking Stick yaitu (1) model pembelajaran inovatif metode Talking Stick dapat diterapkan pada mata pelajaran Manajemen perkantoran secara optimal (2) Aktivitas belajar siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang khususnya pada mata Pelajaran Manajemen Perkantoran setelah penggunaan metode Talking Stick dapat meningkat (3). Kemandirian belajar siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang khususnya pada mata Pelajaran Manajemen Perkantoran setelah penggunaan metode Talking Stick meningkat Adapun Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) agar peserta didik dapat belajar secara mandiri dan lebih aktif dalam bertanya (2) guru hendaknya dapat menjadikan model pembelajaran ini sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran serta guru juga harus dapat memberikan motivasi yang lebih kepada siswa dalam proses pembelajaran (3) bagi sekolah agar lebih dapat memperhatikan sarana dan prasarana seperti sumber belajar / bahan ajar yang harus di miliki oleh siswa agar proses pembelajaran bisa berjalan lebih baik (4) Perlu adanya penelitian lebih lanjut dalam pembelajaran Manajemen Perkantoran dengan menggunakan model pembelajaran inovatif (Innovatif- Learning) metode Talking Stick.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28655

Actions (login required)

View Item View Item