Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (Studi di kelas XI APK SMK PGRI 6 Malang) / Yuyun Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (Studi di kelas XI APK SMK PGRI 6 Malang) / Yuyun Pratiwi

Pratiwi, Yuyun (2010) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (Studi di kelas XI APK SMK PGRI 6 Malang) / Yuyun Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi Yuyun. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran Bekerjasama Dengan Kolega Dan Pelanggan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. (Studi di Kelas XI APK SMK PGRI 6 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Arief M.Si. (2) Imam Bukhori S.Pd. M.M Kata Kunci Problem Based Learning Prestasi Belajar Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan ketrampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang essensial dari materi pelajaran (Nurhadi dkk). Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas XI APK SMK PGRI 6 Malang diketahui bahwa pengajaran yang dilakukan oleh Guru selama ini masih menggunakan pola-pola pembelajaran konvesional dimana peran guru masih sangat dominan. Metode yang digunakan adalah ceramah dan pemberian tugas. Siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini diindikasikan sebagai penyebab rendahnya prestasi belajar siswa. Atas dasar inilah maka penelitian tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ini dilakukan yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas pembelajaran baik oleh guru maupun siswa prestasi belajar siswa dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI APK SMK PGRI 6 Malang semester gasal tahun ajaran 2008/2009 SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 38 siswa dan dilakukan mulai tanggal 13 November sampai dengan 4 Desember 2008. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran test lembar observasi aktivitas guru dan siswa lembar observasi penilaian ranah psikomotor catatan lapangan dan format penilaian. Analisis hasil penelitian menggunakan teknik presentase. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI APK SMK PGRI 6 Malang adalah sebagai berikut (1) Pada Siklus I diketahui bahwa hasil pre test siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 25 61. Diperoleh nilai terendah 25 dan tertinggi 30. Sedangkan dari perolehan nilai post test siswa dihasilkan nilai rata-rata sebesar 78 38. Nilai terendah yang diperoleh adalah 40 dan nilai tertinggi adalah 100. Tingkat keaktifan siswa pada Siklus I dalam kategori A dengan presentase rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran sebesar 93 75%. Sedangkan hasil observasi terhadap aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran Problem Based Learning pada tindakan Siklus I ini dengan presentase 93 75%. (2) Pada Siklus II nilai rata-rata pre test siswa dperoleh sebesar 49 87. Diperoleh nilai terendah adalah 25 dan nilai tertinggi adalah 65. Sedangkan dalam post test Siklus II dihasilkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 87 76. Diperoleh nilai terendah adalah 85 dan nilai tertinggi adalah 100. Tingkat keaktifan siswa pada tindakan Siklus II dalam kategori A dengan presentase rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran sebesar 100%. Sedangkan hasil observasi terhadap aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran Problem Based Learning pada tindakan Siklus I ini dengan presentase 96 88%. Berdasakan hasil penelitian ini dapat disarakan (1) bagi para guru mata diklat di SMK PGRI 6 Malang hendaknya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai alternatif pembelajaran untuk lebih meningkatkan prestasi belajar siswa (2) pencipataan iklim belajar yang kondusif untuk penerapan model Problem Based Learning sangat diperlukan dan penyediaan bahan acuan serta perangkat pembelajaran akan memperlancar proses penerapan model pembelajaran ini (3) dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning siswa harus didorong untuk memperkaya pengalaman langsung melalui kegiatan-kegiatan yang terprogram dan terarah (4) di dalam melaksanakan model pembelajaran Problem Based Learning hendaknya tidak hanya dilakukan di dalam kelas dengan pemberian artikel saja tetapi sebaiknya juga dilakukan diluar kelas/mengajak siswa untuk terjun langsung secara bersama-sama ke lapangan untuk memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan materi (5) dalam model pembelajaran Problem Based Learning peran guru adalah sebagai motivator innovator dan fasilitator (6)penerapan model yang agak lama guru hendaknya memperhatikan pembagian alokasi waktu jika menggunakan model pembelajaran ini (7) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning perlu dukungan dari seluruh komponen yang ada di sekolah (8) hendaknya diperhatikan kualitas siswa(input) (9) untuk penelitian selanjutnya hendaknya diterapkan pada bidang studi/program keahlian yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28654

Actions (login required)

View Item View Item