Pelaksanaan pembelajaran kontekstual metode questioning untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab serta hasil belajar pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (Studi pada siswa kelas X APK di SMK PGRI 2 Malang) / Titik Sri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran kontekstual metode questioning untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab serta hasil belajar pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (Studi pada siswa kelas X APK di SMK PGRI 2 Malang) / Titik Sri Lestari

Lestari, Titik Sri (2009) Pelaksanaan pembelajaran kontekstual metode questioning untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab serta hasil belajar pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (Studi pada siswa kelas X APK di SMK PGRI 2 Malang) / Titik Sri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kontekstual merupakan suatu pembelajaran yang diterapkan guru dengan cara mengaitkan isi materi pelajaran dengan dunia nyata sehingga dapat membantu siswa untuk lebih memahami pelajaran yang diberikan. Strategi utama pembelajaran kontekstual adalah Questioning (bertanya). Metode Questioning merupakan suatu metode yang digunakan guru untuk memancing keingintahuan siswa dan mendorong siswa agar mengajukan pertanyaan serta merangsang siswa berfikir berdiskusi dan berspekulasi. Dalam pembelajaran kontekstual dengan metode Questioning siswa dituntut aktif dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dan bertanya tentang materi yang belum dimengerti kepada guru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan bertanya menjawab dan hasil belajar siswa. Penilaian kemampuan bertanya meliputi aspek kualitas pertanyaan relevansi bahasa dan frekuensi. Penilaian kemampuan menjawab meliputi aspek kebenaran jawaban relevansi bahasa dan frekuensi. Sedangkan hasil belajar diukur dari hasil tes yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu selama bulan November-Desember 2008. Subyek penelitian ini adalah 43 siswa kelas X APK. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes tertulis dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan bertanya siswa pada sisklus I ada 1 siswa yang mengajukan pertanyaan kepada guru pada siklus II meningkat menjadi 4 siswa yang bertanya. Sedangkan pada saat diskusi skor rata-rata kemampuan bertanya siswa dari 77 4% pada siklus I meningkat menjadi 82 53% pada siklus II dimana presentase keberhasilan mencapai kualifikasi tinggi ( 80%). Kemampuan menjawab siswa pada siklus I ada 6 siswa yang menjawab pertanyaan guru dengan skor rata-rata 91 60% pada siklus II meningkat menjadi 8 siswa dengan skor 95 36%. Sedangkan pada saat diskusi skor rata-rata kemampuan menjawab 88 38% pada siklus I menurun menjadi 85 07% pada siklus II. Hal ini dikarenakan ada beberapa siswa tidak membuat pertanyaan dan terdapat 1 pertanyaan belum terjawab dikarenakan siswa kesulitan menjawab soal. Hasil belajar siswa yang semula rata-ratanya hanya 17 71 pada saat sebelum tindakan menjadi 63 58 pada siklus I dan menjadi 69 26 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah (1) guru lebih memotivasi siswa untuk meningkatkan keaktifan kelas terutama untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dan hendaknya guru banyak mengajukan lebih banyak pertanyaan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa (2) Siswa hendaknya lebih meningkatkan keaktifan untuk bertanya dan menjawab karena sangat penting dalam pembelajaran (3) Peneliti lain sebaiknya melaksanakan penelitian lebih dari dua siklus agar dapat mengoptimalkan kemampuan siswa dan hasil belajarnya (4) Metode pembelajaran Questioning hendaknya digunakan sebagai acuan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan disekolah (5) Metode ini hendaknya dapat digunakan sebagai metode mengajar dosen maupun pengajar pada umumnya untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28653

Actions (login required)

View Item View Item